Ayu Fani melenggang ke semifinal turnamen Garuda

id ayu fani damayanti, garuda indonesia

Ayu Fani melenggang ke semifinal turnamen Garuda

Petenis putri Indonesia Ayu Fani Damayanti (FOTO ANTARA/Puspa Perwitasari/Spt/11)

Palembang (ANTARA News) - Petenis putri nomor satu Indonesia, Ayu Fani Damayanti melenggang ke babak semifinal turnamen tenis Garuda Indonesia Championships, di Palembang, Jumat.

Turnamen ini berlangsung 3-9 Oktober 2011.

Sedangkan dua rekan Ayu sesama pelatnas SEA Games, Lavinia Tananta dan Elbert Sie, kandas pada babak perempat final.

Pada pertandingan babak perempat final, Ayu menyisihkan Tamaryn Hendler (Belgia), 6-3, 6-2, di Stadion Tenis Bukit Asam Jakabaring, Palembang.

"Bola-bola lawan cocok dengan permainan saya, sehingga dapat lebih mudah menekan," kata petenis asal Bali itu.

Ayu tidak memberikan kesempatan kepada Hendler untuk mengembangkan permainannya.

Peraih medali perak SEA Games Laos itu ditempatkan sebagai unggulan keempat, sedangkan Hendler di posisi kelima.

Pada babak semifinal nanti Ayu akan menghadapi pemenang pertandingan antara Nudnida Luangnam (unggulan delapan dari Thailand) dan Varatchaya Wongteanchai (unggulan kedua dari Thailand).

"Saya sudah tahu permainan mereka, dan begitu juga mereka. Jadi kita lihat saja, siapa yang lebih siap untuk menjadi pemenangnya," ujar dia pula.

Pada pertandingan lainnya, Lavinia tidak mampu berbuat banyak, dan kalah melawan unggulan pertama Iryna Bremond (Prancis) 6-1, 6-0.

Level permainan Bremon, peringkat 107 dunia, harus diakui masih jauh di atas Lavinia, peringkat 512.

Pada pertandingan babak perempat final putra, Elbert sempat mencuri set pertama, sebelum kemudian dikalahkan unggulan ketiga dari India, Karan Rastogi.

Pada set pertama tersebut Rastogi banyak membuat kesalahan sendiri.

Rastogi baru menampilkan permainan terbaiknya pada set kedua dan ketiga.

"Sebetulnya cuaca di sini sangat berat, karena sangat panas dan lembab. Namun saya mencoba

menyesuaikan diri dengan keadaan dan terus memperbaiki penampilan saya sampai akhirnya menang," kata Rastogi, petenis asal India itu pula.

Rastogi pada babak semifinal nanti akan menghadapi Hiroki Kondo (Jepang).

Petenis Jepang peringkat 527 dunia ini lolos ke semifinal, setelah menyisihkan unggulan keenam dari India, Vishnu Vardhan, 2-6, 7-6 (4), 6-1.

Menurut Elbert, pada set kedua dan ketiga, tenaganya terkuras banyak dan badannya sulit diajak bangkit kembali.

"Badan saya terasa sangat berat untuk digerakkan. Udara sangat panas, saya sudah mencoba bangkit berkali-kali tetapi gagal," kata Elbert.

Pelatih tim tenis putra Indonesia, Bonit Wiryawan, menyatakan sebetulnya Elbert diharapkan dapat lolos ke semifinal.

"Pada seri pertama minggu lalu Elbert sampai di babak kedua. Semestinya pada seri kedua ini, dia diharapkan dapat mencapai babak semifinal, mengingat lawan sebetulnya tampil tidal terlalu bagus. Namun sayangnya kondisi fisik Elbert tidak mendukung, sehingga akhirnya kalah," kata mantan petenis nasional ini lagi.

Turnamen tenis Garuda Indonesia Championships ini juga merupakan arena pemanasan bagi Tim Indonesia sebelum tampil pada SEA Games ke-26 di Indonesia yang dilaksanakan bersama di Palembang dan Jakarta, 11-22 November mendatang.

Para petenis Indonesia menargetkan dapat merebut setidaknya dua medali emas, dari tim putra maupun putri. Pertandingan cabang olahraga tenis dijadwalkan berlangsung di Palembang.

(ANT-037/A020)