Ayu dan Lavinia bawa Indonesia ke final

id tenis, issf, ayu fani, lavinia tananta

Ayu dan Lavinia bawa Indonesia ke final

Petenis putri Indonesia Ayu Fanni Damayanti (ANTARA FOTO/ Feny Selly/15/Den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dua petenis nomor tunggal Ayu Fanny dan Lavinia Tananta berhasil membawa tim nasional Indonesia melaju ke babak final beregu putri turnamen internasional ISSF 2015 setelah mengalahkan wakil Syria di Stadion Tenis Jakabaring, Palembang, Senin.

Tim putri Indonesia memetik kemenangan pertama melalui Ayu Fani Damayanti yang mengalahkan Aya Khalaf 1-6, 1-6, kemudian disusul Lavinia Tananta yang mengkandaskan Eissa Maria 0-6, 0-6 
    
Berdasarkan hasil ini, tim putri akan bertemu dengan Malaysia yang sebelumnya mengalahkan Oman 2-1, atau menyusul keberhasilan tim putra yang dijadwalkan menghadapi Malaysia pada final, Selasa (12/5).

Pelatih Timnas Indonesia Roy Therik mengatakan keberhasilan tim putri melaju ke final sudah sesuai dengan prediksi.

"Dari awal tim putri diharapkan bertemu Malaysia di final, ini penting buat mereka karena pada SEA Games Singapura, Juni mendatang, akan bertemu. Jadi pertandingan di final nanti dijadikan kesempatan untuk menjajal kekuatan lawan," kata dia.

Ia mengatakan, meski tim hanya diperkuat dua pemain SEA Games mengingat dua atlet lainnya, Jessy Rompies dan Deria Nur Haliza sedang mengikuti tur di luar negeri namun keberadaan atlet pengganti Ryvanti Dwi Kahviani dan Mediana Hera Vita menjadi kekuatan tersendiri.

"Turnamen ini penting untuk tim putri karena menjadi uji coba terakhir menjelang SEA Games. Meski tidak ditargetkan medali seperti tim putra, tapi sektor putri diharapkan menjadi kuda hitam pada SEA Games mendatang," kata dia.

Tim putri Indonesia pada SEA Games terakhir berhasil menyumbangkan emas nomor perorangan atas nama Ayu Fanny. Sementara, pada SEA Games tahun 2015 di Singapura tidak dibebani target mengingat ketatnya persaingan di sektor putri.