RSUTalang Ubi butuh alat penyimpan darah

id rsu, rsu pendopo

RSUTalang Ubi butuh alat penyimpan darah

RSU Pendopo butuh alat penyimpan darah (Foto antarasumsel.com/Banu)

Penukal Abab, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Rumah Sakit Umum Talang Ubi Pendopo Kabupaten Penukal Abab Lematang, Ilir Sumatera Selatan, membutuhkan alat penyimpan darah, karena rumah sakit itu hingga saat ini belum ada fasilitas tersebut.

"Kegunaan alat penyimpan darah atau `blood bank refrigerator` yang berfungsi untuk menyimpan darah sebelum didistribusikan sangat penting, terutama Rumah Sakit Umum (RSU) Talang Ubi adalah salah satu rumah sakit yang menunjang pengobatan seluruh masyarakat Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali)," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pali dr Eni Zatilah di Penukai Abab, Sabtu.

Menurut Eni, manfaat dari Blood Bank Refrigerator untuk menjaga kesegaran dan kualitas darah dari pendonor yang akan disumbangkan pada pasien menjalani operasi.

Ia menuturkan, rumah sakit Talang Ubi ini masih tipe D, tentu saja fasilitasnya masih banyak kekurangan, artinya untuk melengkapi fasilitas diperlukan peningkatan status rumah sakit itu minimal menjadi tipe-C.

Sementara, kata dia, pihak pemerintah kabupaten setempat sedang merencanakan untuk memindahkan rumah sakit tersebut sekaligus meningkatkan statusnya dari tipe-D ke-C.

Menurut dia, tidak hanya infrastruktur saja yang dibutuhkan dalam melengkapi syarat menaikan tipe rumah sakit tersebut, tetapi juga tambahan tenaga dokter spesialis bedah, spesialis penyakit dalam dan sebagainya.

Ia menambahkan, pentingnya ketersediaan darah di rumah sakit serta dokter spesialis, karena sangat menunjang dalam mendukung kelancaran operasionil rumah sakit membantu memberikan pertolongan dan merawat pasien.

Sementara, menurut Carie (37) warga Pendopo membenarkan jika saat ini di RSU Talang Ubi belum ada alat penyimpan darah, sehingga bila ada kegiatan donor darah massal hasilnya terpaksa dibawa ke Palembang yang sudah ada unit donor darah Palang Merah Indonesia (UDD-PMI).

Ia mencontohkan, dua hari lalu pihak Pertamina EP Pendopo melakukan donor darah massal.

Karena RSU Pendopo belum ada UDD-PMI, maka darah yang terkumpul sebanyak 134 kantong dari para pendonor langsung dibawa ke Palembang, katanya.

Direktur Rumah Sakit Umum Talang Ubi, dr Charlie saat dikonfirmasi melalui telepon gengamnya untuk mengkonfirmasi terkait masalah fasilitas tempat penyimpanan darah di rumah sakit tersebut, belum bisa dihubungi.