Arti nomor urut peserta Pilkada

id Sumsel, Pilkada 2024, Pilkada serentak

Arti nomor urut peserta Pilkada

Ilustrasi - Pemungutan suara Pilkada Serentak (ANTARA/HO/Bawasulu Sumsel)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Senin (23/9/2024) hari ini, akan dilakukan pengundian nomor urut peserta Pilkada Serentak 2024. Tak hanya di Provinsi dan kabupaten/kota di Sumatera Selatan namun di seluruh Indonesia.

Pengundian nomor urut akan dilakukan di Kantor KPU di daerah masing-masing.

Para Calon Kepala Daerah yang telah dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU,  tidak bisa 'bermanuver" untuk mendapatkan nomor urut yang ia inginkan karena dilakukan transparan di hadapan kompetitornya, KPU, Bawaslu serta para calon pendukungnya. 

Yang bisa dilakukan oleh calon kepala daerah adalah mengomentari nomor yang ia dapatkan sesuai dengan 'pendapatnya' tentang nomor yang ia peroleh. Nomor 1 dan nomor yang berposisi di tengah-tengah surat suara biasanya yang mereka harapkan.

Namun ada juga yang yang 'bersilat' kalo nomer yang diperolehnya tetap keramat karena terkait dengan pengalamannya selama ini.

Sementara di KPU Sumatera Selatan akan ada tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang mengambil nomor urut pada Senin siang ini. Secara serentak juga akan digelar di 17 kabupaten/kota lainnya di Sumsel.

Uniknya, dari semua itu, tercatat dua daerah yang KPU-nya menetapkan satu pasangan yakni Kabupaten Ogan Ilir dan Kabupaten Empat Lawang. Namun pengambilan nomor urut tetap digelar meski dipastikan calon tersebut akan melawan kotak kosong.

Meski demikian, dinamika politik Pilkada Serentak 2024 di Sumsel dipastikan berproses, dan secara otomatis kontestasi pemilihan kepala daerah telah bergulir atau dimulai sejak penetapan calon gubernur dan wakil gubernur.