Nelayan pemberani melaut sendirian, sempat hanyut karena perahu habis bahan bakar

id Nelayan

Nelayan pemberani melaut sendirian, sempat hanyut karena perahu habis bahan bakar

Nelayan hilang di perairan Pulau Morotai bernama Fahmi Daiyan (28 tahun) hilang sejak 28 Juli 2024 berhasil ditemukan dalam kondisi selamat, Selasa (30/7/2024). (ANTARA/HO- Humas Basarnas Ternate)

Ternate (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut), menyatakan seorang nelayan hilang di perairan Pulau Morotai bernama Fahmi Daiyan (28 tahun) hilang sejak 28 Juli 2024 berhasil ditemukan dalam kondisi selamat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate, Fathur Rahman, ketika dihubungi, Selasa, menjelaskan Tim SAR Gabungan pada 30 Juli 2024 saat melakukan pencarian mendapat informasi dari Kades Totodoku bahwa korban telah ditemukan oleh Nelayan Desa Tolonuo.

Selanjutnya Tim bergerak menuju perairan Tj. Dehagia dan menemukan korban bersama nelayan desa Tolonuo pada koordinat 1°59'5.96"U / 128°14'1.05"T jarak 6.50 NM, radian 282.90° dan korban dalam kondisi selamat kemudian dievakuasi menuju ke Desa Totodoku untuk diserahkan kepada pihak keluarga.

Menurut keterangan korban, penyebab kejadian dikarenakan perahu kehabisan bahan bakar sehingga hanyut ke perairan Tobelo.

Unsur yang terlibat yang terlibat, USS Morotai Lanal Morotai, Polair Res Morotai, Babinsa Desa Totodoku, BPBD Kabupaten Pulau Morotai, Pemdes Totodoku, masyarakat Desa Totodoku, nelayan Desa Tolonuo dan keluarga korban.