Pusri berikan beasiswa untuk anak petani melalui Program PCA ke-3

id Pusri Palembang,Beasiswa Pusri

Pusri berikan beasiswa untuk anak petani melalui Program PCA ke-3

PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang memberikan beasiswa bagi anak petani dan warga lingkungan di sekitar perusahaan dalam program Pusri Cerdas Akademi (PCA) Batch ke-3 guna mendukung peningkatan kualitas pendidikan anak bangsa.  ANTARA/ HO- Pusri.

Palembang (ANTARA) - PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang, Sumatera Selatan memberikan beasiswa bagi anak petani dan warga lingkungan di sekitar perusahaan dalam program Pusri Cerdas Akademi (PCA) Batch ke-3 guna mendukung peningkatan kualitas pendidikan anak bangsa.

Direktur Keuangan Umum Pusri Saifullah Lasindrang menyebutkan ada sebanyak 76 mahasiswa penerima beasiswa yang merupakan warga lingkungan di sekitar perusahaan. Dengan total dana yang telah terealisasi untuk beasiswa cerdas pada semester genap tahun ajaran 2023 – 2024 mencapai Rp369 juta.

"Mereka berasal dari Kelurahan 1 Ilir, Kelurahan 2 Ilir, Kelurahan 3 Ilir, Sungai Buah, Kelurahan Sungai Selayur, Kelurahan Sungai Selincah, Kelurahan Sungai Lais dan Kelurahan Kalidoni. Serta berasal dari Universitas Sriwijaya, UIN Raden Fatah Palembang, Politeknik Negeri Sriwijaya, Poltekkes Kemenkes Palembang, Universitas Bangka Belitung, Institut Teknologi Sumatera, Institut Pertanian Bogor dan STIQ Al – Lathifiyyah," ujarnya.

Ia menambahkan untuk 37 mahasiswa penerima beasiswa APJS yang berasal dari Universitas Sriwijaya, Universitas Lampung, Universitas Diponegoro, dan Universitas Gadjah Mada. Total dana yang telah terealisasi untuk APJS pada semester genap TA 2023 – 2024 adalah sebesar Rp186,65 juta.

Ia mengatakan penyaluran bantuan dana pendidikan ini merupakan salah satu program sosial kemasyarakatan yang mendukung tercapainya SDGs khususnya pada Pilar Sosial TPB 4 yaitu pendidikan berkualitas.

“Melalui program PCA ini, kami tidak hanya membantu akses pendidikan bagi mahasiswa dan peningkatan skill mahasiswa. Namun di sisi lain diharapkan penerima beasiswa dapat turut membantu Pusri dalam mempromosikan program dan kegiatan Pusri, mengingat seluruh peserta PCA juga telah menjadi social media ranger Pusri, dan menjadi pengalaman berharga bagi mereka saat lulus kuliah nanti.”, katanya.

Selain itu, lanjutnya, Pusri tidak hanya memberikan bantuan dana pendidikan dengan skema charity namun juga memberikan knowledge dan skill bagi penerima beasiswa melalui kegiatan-kegiatan pelatihan atau seminar yang telah dilaksanakan sebelumnya.

"Dalam agenda PCA tahun ini, dilaksanakan workshop tentang entrepreneurship dengan narasumber UMK binaan Pusri yaitu, Pempek Culinary Workshop, Donut Artistry Class, Jumputan Craft Workshop, Eco Print Craft Workshop," jelas nya.