442 jamaah calon haji OKU Timur diberangkatkan, 50 diantaranya lansia

id Calon haji, Tanah Suci, ibadah haji, Kemenag OKU Timur

442 jamaah calon haji OKU Timur diberangkatkan, 50 diantaranya lansia

Foto bersama saat pelepasan jamaah calon haji OKU Timur, Kamis (23/5/2024). ANTARA/Edo Purmana

Martapura (ANTARA) - Sebanyak 442 orang jamaah calon haji Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan diberangkatkan dari daerah asal menuju Asrama Haji Palembang sebelum bertolak ke Saudi Arabia.

Keberangkatan ratusan jamaah haji itu dilepas langsung dari Balai Rakyat, Kecamatan Martapura oleh Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah, Kamis.

Kepala Kantor Kementerian Agama OKU Timur Abdul Rosyid mengatakan bahwa berdasarkan kuota tercatat sebanyak 830 jamaah calon haji asal daerah itu yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada musim haji tahun 2024/1445 Hijriah.

Dari jumlah tersebut lebih dari 50 orang jamaah di antaranya merupakan lansia berusia di atas 65 tahun yang masuk kategori risiko tinggi sehingga diberikan pendampingan khusus oleh petugas penyelenggara haji.

"Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten OKU Timur tersebut tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 10 dan 11 dengan jadwal keberangkatan dari daerah asal menuju Asrama Haji Palembang pada 23-24 Mei 2024," katanya.

Untuk gelombang pertama atau kloter 10 para jamaah berjumlah sebanyak 442 orang bertolak dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang menuju Saudi Arabia pada 24 Mei 2024.

Kemudian pada hari berikutnya menyusul kloter 11 sebanyak 388 calon haji asal Kabupaten OKU Timur kembali diberangkatkan ke Tanah Suci guna menjalankan serangkaian ibadah haji.

Menurut dia, seluruh jamaah yang akan diberangkatkan ini sebelumnya telah menjalani serangkaian persiapan seperti manasik haji yang digelar selama 10 hari di tiga zona wilayah setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah berpesan kepada seluruh jamaah calon haji agar selalu menjaga kesehatan dan kekompakan antarjamaah selama berada di Tanah Suci Makkah.

"Saya berpesan agar senantiasa menjaga kesehatan, mengikuti panduan dari para petugas yang mendampingi, dan selalu berkonsultasi atau saling tolong menolong dengan sesama jamaah serta pendamping agar pelaksanaan ibadah haji berjalan aman dan lancar," ujarnya.