Poltekpar Palembang jaring 400 mahasiswa baru dari jalur SBM 2024

id Sumsel,palembang,poltekpar palembang,penerimaan mahasiswa,pendaftaran SMB

Poltekpar Palembang jaring 400 mahasiswa baru dari jalur SBM 2024

Gedung rektorat Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (27/2/2024). (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang pada tahun akademik 2024/2025 menyiapkan kuota 400 mahasiswa baru melalui jalur seleksi bersama masuk (SBM) kampus tersebut.

Direktur Poltekpar Palembang Iwan Riady dalam keterangannya di Palembang, Selasa, mengatakan pihaknya membuka kuota mahasiswa baru tahun 2024 sebanyak 400 orang. Jumlah itu tersebar di empat program studi (Prodi).



“Poltekpar Palembang memiliki empat prodi, yaitu Tata Hidang, Divisi Kamar, dan Seni Kuliner. Ketiga prodi ini Diploma III. Sedangkan prodi Pengelolaan Konvensi dan Acara Diploma IV,” katanya.

Ia menjelaskan prodi Tata Hidang berkutat pada pembelajaran pembuatan minuman atau restoran, termasuk pembelajaran menjadi seorang barista. Sedangkan prodi Seni Kuliner mempelajari tentang pembuatan makanan.

Kemudian, prodi Divisi Kamar mempelajari kompetensi bidang perhotelan mulai dari front office, laundry, dan pelayanan kamar.

“Sementara Pengelolaan Konvensi dan Acara mempelajari tentang perencanaan MICE, yakni meeting, incentive, convention, exhibition. Semuanya dipelajari, termasuk soal pengaturan suara dan tata lampu,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PMB Poltekpar TA 2024-2025 yang juga Direktur Poltekpar Bali Ida Bagus Putu Puja mengatakan seleksi bersama masuk Poltekpar ini merupakan satu dari dua jalur penerimaan mahasiswa baru Poltekpar.

Selain seleksi bersama, enam Poltekpar yang ada di bawah naungan Kemenparekraf/Baparekraf, yakni Poltekpar Medan, Poltekpar Palembang, Poltekpar NHI Bandung, Poltekpar Bali, Poltekpar Lombok, dan Poltekpar Makassar, juga akan melakukan seleksi masuk mandiri yang dijadwalkan oleh masing-masing Poltekpar.



Ia menjelaskan proses SMB Poltekpar 2024, dibagi menjadi tiga tahapan, pertama adalah tes skolastik dan literasi yang akan dilaksanakan pada 20 Mei 2024. Kemudian, tes wawancara pada 6-7 Juni 2024 dan tes kesehatan pada 10 Juni 2024.

"Untuk pendaftaran SBM ini kami lakukan mulai tanggal 26 Februari 2024 sampai 4 Mei 2024," katanya.