Kuota pupuk bersubsidi di OKU 3.066 ton Urea

id Pupuk bersubsidi, kuota pupuk, komoditi pertanian, pemerintah pusat, Dinas Pertanian OKU

Kuota pupuk bersubsidi di OKU  3.066 ton Urea

Dinas Pertanian OKU menyosialisasikan peruntukan pupuk bersubsidi kepada petani, Kamis. (ANTARA/Edo Purmana/24)

Baturaja (ANTARA) - Kuota pupuk bersubsidi di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, pada 2024  sebanyak 3.066 ton untuk jenis urea guna memenuhi kebutuhan petani di wilayah itu.

Sub Koordinator Pupuk Pestisida Dinas Pertanian OKU, Syahroni di Baturaja, Kamis, mengatakan bahwa penetapan kuota pupuk bersubsidi tersebut mengacu pada Surat Keputusan (SK) Bupati OKU Nomor 500.7/801/KPTS/XXXVII/2023.

"Jumlah pupuk bersubsidi jenis urea yang tersedia tahun ini sebanyak 3.066 ton. Sementara NPK 2.787 ton," katanya.

Dia mengatakan, persediaan pupuk tersebut untuk kebutuhan tanam tahun ini dengan luas lahan mencapai 29.024 hektare.

Menurut dia, jumlah kuota tersebut tidak sebanding dengan kebutuhan petani untuk bercocok tanam yang mencapai 5.736 ton untuk urea dan 9.380 ton NPK.

Meski angka tersebut jauh dari kebutuhan petani di Kabupaten OKU, ia menekankan bahwa pengajuan tambahan masih mungkin dilakukan sesuai dengan kebutuhan petani.

"Kami masih menunggu tambahan alokasi pupuk dari pemerintah pusat. Masyarakat tidak perlu khawatir, tidak akan terjadi kelangkaan pupuk untuk musim tanam tahun ini," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Roni kembali mengingatkan masyarakat untuk menggunakan pupuk bersubsidi sesuai kebutuhan dan aturan yang berlaku.

Sesuai ketentuan, penebusan pupuk bersubsidi hanya untuk sembilan komoditas pertanian saja meliputi tanaman padi, bawang merah, jagung, cabai, bawang putih, kacang kedelai, kopi, kakao dan tebu rakyat.

"Artinya, pupuk bersubsidi yang akan ditebus tidak lagi diperuntukkan untuk petani karet, ubi dan sawit, namun khusus sembilan komoditas pertanian itu saja," tegasnya.