Mendag: Kopi robusta Lampung Barat komoditas ekspor terkenal di dunia

id Lampung Barat ,Mendag ,Kopi robusta,berita palembang, berita sumsel

Mendag: Kopi robusta Lampung Barat komoditas ekspor terkenal di dunia

Suasana saat Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan tiba di lokasi peletakan batu pertama pembanguna paras Tematik di Lampung Barat. (ANTARA/Riadi Gunawan)

Lampung Barat (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan bahwa kopi robusta asal Lampung Barat, menjadi salah satu komoditas ekspor yang terkenal di dunia.

"Kita ada perwakilan di 42 negara, kopi robusta asal Lampung ini menjadi salah satu kopi terkenal di dunia, terutama kopi robusta asal Lampung Barat," kata Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan, dalam keterangannya, Kamis.

Menurut dia, Lampung Barat memang terkenal dengan hasil buminya, seperti kopi, lada, cengkeh dan lainnya, namun hingga saat ini komoditas unggulan tersebut sudah tidak mampu bersaing lagi di pasaran, karena sudah sedikitnya produk tersebut di wilayah itu.

"Dulu Lampung ini kan yang terkenal itu kopi, lada, cengkeh yang andalan kita, namun sekarang tinggal kopi, dan kopi itu juga sudah banyak bersaing di daerah-daerah yang lainnya," kata dia.

Ia mengatakan, pihaknya akan membantu para petani kopi robusta Lampung Barat untuk memasarkan hasil bumi mereka baik ke pasar nasional maupun internasional.