Terawan: Doni Monardo sigap merespons kejadian awal pandemi

id Doni Monardo, Terawan Agus Putranto, pandemi COVID-19,berita palembang, berita sumsel,Terawan Agus Putranto,Menteri Kesehatan

Terawan: Doni Monardo sigap merespons kejadian awal pandemi

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo. (ANTARA/Ikhwan Wahyudi/am)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan periode 2019--2020 Letnan jendral TNI (Purn) Terawan Agus Putranto menyatakan Letjen TNI Purn Doni Monardo sebagai sosok yang sigap merespons kejadian awal pandemi COVID-19 di kala pemerintah dihinggapi kendala anggaran.

"Mas Donny seorang prajurit yang patriot. Jiwa prajuritnya mengalir deras untuk ibu pertiwi. Semangatnya untuk kemanusiaan selalu membara seperti baret kebanggaannya," kata Terawan melalui juru bicara Oktafiandi di Jakarta, Senin.

Terawan mengisahkan pengalamannya bekerja sama dengan Donny Monardo saat COVID-19 menerjang Indonesia awal 2020.

Donny Monardo yang ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan COVID-19, kata Terawan, menyiapkan secara cepat segala instrumen intervensi yang dibutuhkan dengan mengedepankan kepentingan rakyat.

Di awal kasus kala itu, Kemenkes tidak bisa berbuat banyak untuk melakukan pencegahan penyebaran COVID-19 dikarenakan kendala pagu anggaran yang terbatas dalam menyiapkan keperluan untuk pencegahan seperti masker, alat pelindung diri, disinfektan, dan lainnya, kata Terawan.