Pengamat: Skripsi dihapus sangat baik bagi perguruan tinggi-mahasiswa

id skripsi, hapus skripsi,pengamat pendidikan,tugas akhir perguruan tinggi,studi mahasiswa,belajar merdeka,kurikulum merdek,berita sumsel, berita palemba

Pengamat: Skripsi dihapus sangat baik bagi perguruan  tinggi-mahasiswa

Ilustrasi: Seorang mahasiswa jurusan Ilmu Jurnalistik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Pakuan, Sandika Fadilah mengikuti ujian skripsi secara daring di Cibinong, Bogor, Jawa Barat . ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nz.

Palembang (ANTARA) - Pengamat Pendidikan Palembang Lukman Haris menilai kebijakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menghapus skripsi dan diganti dengan tugas akhir sangat baik bagi perguruan tinggi dan mahasiswa.

"Saya setuju persyaratan lulus mahasiswa wajib membuat skripsi dihapus dan diganti tugas akhir karena bisa mengurangi beban mahasiswa dalam menyelesaikan studinya," kata Lukman Haris di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat.

Menurut dia, kebijakan tersebut merupakan ketetapan Kurikulum Merdeka, yang salah satu isinya perguruan tinggi boleh menetapkan tugas akhir sebagai pengganti skripsi untuk syarat kelulusan mahasiswa.

"Saya rasa ini bagus, sehingga nanti perguruan tinggi maupun mahasiswa diberikan kebebasan dalam menentukan tugas akhir yang nyata, tidak seperti halnya skripsi yang bersifat ilmiah," ujar Sekretaris PGRI Palembang itu.