Update jamaah haji Sumsel, sebanyak 3.471 orang masih di Tanah Suci

id sumsel,jamaah haji,kepulangan haji,debarkasi palembang,kemenag sumsel

Update jamaah haji Sumsel, sebanyak 3.471 orang masih di Tanah Suci

Umat Islam berjalan usai mengikuti shalat Jumat di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Jumat (14/7/2023). Masjid Nabawi dipadati jamaah dari berbagai negara usai melaksanakan rangkaian ibadah haji di Mekah. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/tom. (ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)

Palembang (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menyebutkan sebanyak 3.471 jamaah haji yang tergabung pada debarkasi Palembang masih berada di Arab Saudi dan sedang menunggu jadwal kepulangan ke Tanah Air.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatra Selatan Armet Dachil di Palembang, Ahad, mengatakan debarkasi Palembang menerima kedatangan 353 haji Kloter 14, Ahad pagi.

Total hingga hari ini, Debarkasi Palembang telah menerima kedatangan 5.002 haji dengan rincian Sumsel 3.872, Babel 1.061 dan 69 petugas kloter.

“Dengan kedatangan Kloter 14, Debarkasi Palembang telah menerima kedatangan 5.002 haji, sedangkan jamaah yang masih berada di Arab Saudi berjumlah 3.471 orang,” katanya.



Ia menjelaskan operasional haji debarkasi Palembang akan berakhir pada 4 Agustus 2023 dini hari. Jamaah terakhir yang akan kembali adalah Kloter 24.

Selain itu, sesuai kebijakan Menteri Agama, setiap haji yang pulang dari Tanah Suci tahun ini memperoleh 10 liter air zamzam.

”Jatah lima liter air zamzam diserahkan saat jamaah haji sampai di embarkasi dan lima liter lainnya disalurkan oleh Kantor Kementerian Agama tingkat kabupaten dan kota,” ujarnya.

Kemenag mencatat jamaah yang meninggal berjumlah 37 orang dengan rincian Sumsel 30 orang dan Babel tujuh orang. Sebanyak 32 orang meninggal di Tanah Suci, empat orang meninggal di debarkasi, dan satu orang meninggal di embarkasi.

Sementara itu, Humas Kanwil Kemenag Sumsel Abdul Qudus mengatakan pihaknya memastikan jamaah haji yang meninggal selama pelaksanaan ibadah haji tahun 2023 mendapatkan asuransi.

”Kami memastikan setiap yang meninggal selama proses pelaksanaan ibadah haji tahun 2023 mendapatkan asuransi,” katanya.*

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 3.471 haji debarkasi Palembang masih di Arab Saudi