Plt Bupati Muara Enim dorong pelajar cakap digital

id muara enim sumsel,cakap digital, literasi

Plt Bupati Muara Enim dorong pelajar cakap digital

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah mengajak pelajar se-Kabupaten Muara Enim mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA untuk makin cakap digital melalui kegiatan literasi digital. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Muara Enim, Sumsel (ANTARA) - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah mengajak  pelajar se-Kabupaten Muara Enim mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA untuk makin cakap digital melalui kegiatan literasi digital.

Hal tersebut dikatakannya saat dirinya memberikan paparan materi dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2023 dengan tema ‘Internalisasi Nilai Pancasila di Ruang Digital’ di Gedung Serba Guna Tanah Putih Bukit Asam Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Provinsi  Sumatera Selatan, Senin (17/07).

Dalam webinar yang diselenggarakan Kementerian Kominfo RI berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim juga Dinas Kominfo Kabupaten Muara Enim dengan menghadirkan Narasumber Samuel A Pangerapan Dirjen APTIKA Kemenkominfo RI, dan Dian Ikha Pramayanti Dosen, Writerpreneur dan Enterpreneur tadi, Plt Bupati berpesan kepada para pelajar agar dapat mengikuti webinar ini dengan serius karena era digital saat ini telah memberikan dampak yang signifikan bagi generasi muda baik itu dari sisi positif maupun negatif.


Webinar tersebut mengangkat materi  4 pilar utama literasi digital yaitu keamanan, kecakapan digital, etika digital, dan budaya digital.


Lebih lanjut, dengan adanya program ini Plt Bupati berharap dapat membuat para pelajar semakin cakap dan paham tentang arti penting dunia digital.

“Dapat semakin bersatu bisa berinteraksi satu sama lain dengan teman-teman yang tidak hanya di Muara Enim mungkin di Palembang mungkin juga di Jakarta bahkan mungkin di London ataupun di Amerika Serikat sehingga dapat memperkaya persatuan kita memperkaya persahabatan kita serta dapat semakin paham dalam berselancar dalam dunia digital karena berbicara digital pasti akan berbicara tentang undang-undang ITE dan lain sebagainya. Nah, dengan ini semua saya berharap dapat semakin matang menyikapi dunia digital,” tuturnya.

Plt Bupati Muara Enim mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kominfo yang sudah memberikan kesempatan kepada Kabupaten Muara Enim sebagai salah satu lokus kegiatan untuk program literasi digital ini. Ia menegaskan, Pemkab. Muara Enim siap mendukung program literasi digital di Indonesia terkhusus di Kabupaten Muara Enim.