Banyak investasi masuk RI lewat hub Singapura, ini penjelasan Menteri Bahlil

id Investasi, bahlil lahadalia, investasi singapura, hub investasi, ikn, financial center ikn, pp 12 tahun 2023, kemudahan

Banyak investasi masuk RI lewat hub Singapura, ini penjelasan Menteri Bahlil

Tangkapan layar - Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Jumat (9/6/2023). ANTARA/Youtube Komisi VI DPR RI Channel

Jakarta (ANTARA) - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan penyebab banyak negara-negara yang berinvestasi ke Indonesia melalui hub seperti Singapura atau Malaysia, yakni karena belum mumpuninya pusat keuangan di Tanah Air.

Hal itu disampaikan Bahlil dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Jumat, terkait masih mendominasinya investasi dari Singapura yang juga merupakan hub finansial.

"Sampai dengan kuartal pertama 2023, Singapura masih nomor pertama. Singapura, kemudian nomor dua Hong Kong, nomor tiga Tiongkok, Jepang Amerika Serikat, Malaysia, Korea, Belanda, Australia, ini masuk sekarang. Dan sekali lagi, saya mengatakan di forum yang terhormat ini bahwa masih banyak negara-negara lain yang masuk Indonesia mereka masih menjadikan beberapa negara di Asia tenggara sebagai hub, salah satu diantaranya adalah Singapura," katanya.

Bahlil menuturkan selama ini Singapura masih menjadi hub finansial dan investasi yang masuk ke Indonesia. Ia bahkan menyebut sebagian uang pengusaha Indonesia pun banyak yang ditaruh di negeri singa itu.

"Nah ini juga menjadi bahan introspeksi untuk kita, saya sudah mencoba untuk mengecek apa sih yang menyebabkan sampai taruh di Singapura. Saya mencari terus alasannya, ternyata katanya financial center kita belum sebaik Lagoon dan Singapura," ungkapnya.