Pupuk kandang menyelamatkan lahan pertaniandari perubahan iklim

id perubahan iklim,ancaman kekeringan,lahan pertanian,pupuk kandang,pupuk organik,kesuburan tanah

Pupuk kandang menyelamatkan lahan pertaniandari perubahan iklim

Matasan (42) menambah lapisan pupuk organik pada permukaan lahan tomat miliknya di Desa Bokor, Malang, Jawa Timur, Senin (12/12). Makin berkurangnya unsur hara di lahan pertanian membuat sejumlah petani di kawasan tersebut menambah lapisan pupuk hingga tiga lapis sehingga dapat mengembalikan kesuburan tanah. FOTO ANTARA/Ari Bowo Sucipto/Koz/Spt/11

Malang (ANTARA) - Perubahan suhu dan pola cuaca dalam jangka panjang akibat perubahan iklim telah menimbulkan efek yang serius terhadap sektor pertanian mulai dari kekeringan hingga penurunan tingkat kesuburan tanah.

Guru Besar Agronomi dan Hortikultura dari Institut Pertanian Bogor, Sobir, mengatakan pemanfaatan pupuk kandang dapat menjadi solusi dalam mengatasi dampak perubahan iklim yang dialami oleh lahan-lahan pertanian.
 
"Kita menambah pupuk kandang karena memiliki tiga manfaat," ujarnya dalam kegiatan kunjungan ke fasilitas pengembangan produk bioteknologi di Malang, Jawa Timur, Selasa.
 
Sobir menjelaskan pupuk kandang bisa menyimpan air hingga lima kali lipat dari volumenya lantaran keberadaan bahan organik yang terkandung pada pupuk kandang.