Jurnalis senior ANTARA bedah buku Kesalehan Digital bersama IPNU Jatim

id Pewarta senior ANTARA,edy m yakub,kesalehan digital,IPNU Jatim

Jurnalis senior ANTARA bedah buku Kesalehan Digital bersama IPNU Jatim

Jurnalis senior ANTARA Edy M Yakub memaparkan buku "Kesalehan Digital" saat digelar Workshop Booming Generasi Digital oleh IPNU Jawa Timur di Kota Pasuruan, Minggu (21/5/2023). (ANTARA/Naufal Ammar Imaduddin)

Surabaya (ANTARA) - Jurnalis senior Kantor Berita ANTARA Edy M Yakub memaparkan pemikirannya melalui buku yang berjudul "Kesalehan Digital" dalam acara bertajuk Workshop Booming Generasi Digital yang digelar oleh Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jawa Timur di Kota Pasuruan.

"Sejak 10 tahun terakhir, banyak pertanyaan kepada saya, intinya apakah betul foto atau video ini dengan narasi ini, itu banyak ditanyakan, terlebih saat pemilu," ucap Edy seperti keterangan diterima, Senin.

Menurut dia, kenapa di era digital saat ini banyak orang yang masih belum mengerti mana yang salah maupun fakta.

"Pandangan saya, di Indonesia kemungkinan belum mengalami budaya baca, saat itu hanya dongeng dan konon katanya, terlebih saat masuknya internet, jadi makin tertinggal," katanya.

Oleh karena itu, banyak masyarakat yang sering tertipu terkait persoalan yang ramai dibincangkan di dunia digital, terutama di media sosial.

"Banyak yang tertipu, masyarakat sering dikasih foto maupun video yang tidak benar, padahal itu di dunia digital belum tentu kebenarannya, harus di cek, karena itu saya membuat buku Kesalehan Digital ini," ujarnya.