SMRC: Pencalonan Ganjar tingkatkan elektabilitas PDI Perjuangan

id Elektabilitas PDIP,Ganjar Pranowo,Survei SMRC

SMRC: Pencalonan Ganjar tingkatkan elektabilitas PDI Perjuangan

Tangkapan layar - Hasil survei SMRC terkait elektabilitas partai politik. (ANTARA/HO-SMRC)

Jakarta (ANTARA) - Direktur Riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Deni Irvani mengatakan keputusan PDI Perjuangan mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden dapat meningkatkan elektabilitas partai tersebut pada kelompok pemilih kritis.

"Keputusan PDI Perjuangan mencalonkan Ganjar sebagai (bakal) capres tampaknya berdampak positif terhadap PDI Perjuangan. Setelah mengalami tren yang menurun, elektabilitas PDI Perjuangan di kelompok pemilih kritis menguat pasca-pencalonan Ganjar," kata Deni dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Hasil survei SMRC menunjukkan dukungan kepada PDI Perjuangan di kalangan pemilih kritis usai menetapkan Ganjar sebagai bakal capres cenderung naik dari 16,1 persen pada survei 18-19 April 2023 menjadi 19 persen pada survei 25-28 April 2023.

Deni menjelaskan bahwa "pemilih kritis" adalah pemilih yang memiliki akses ke berbagai sumber informasi sosial-politik secara lebih baik, karena mereka memiliki telepon sehingga bisa mengakses internet untuk mengetahui dan bersikap terhadap berita sosial-politik.