Sinergi antarinstansi kunci sukses pengelolaan arus mudik

id Menguji sinergisitas, sinergisitas, stakeholder, sukseskan arus mudik, mudik, arus bakik, mudik Lebaran Oleh Yudi Abdullah

Sinergi antarinstansi kunci sukses  pengelolaan arus mudik

Suasana antrean pembelian bahan bakar minyak di SPBU Palembang. (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Perjalanan masyarakat untuk mudik agar bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah di kampung halaman pada 22 April 2023 secara umum berlangsung aman dan lancar, terutama di wilayah Sumatera Selatan.

Hingga memasuki arus milir atau balik Lebaran 2023, sejauh ini tidak ada kejadian luar biasa yang menyita perhatian dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Kesuksesan penataan arus mudik Lebaran Idul Fitri 2023 berkat kerja sama semua pemangku kepentingan menjalankan tugas dan fungsinya secara optimal dengan koordinasi yang intensif.

Tidaklah bisa kesuksesan arus mudik Lebaran diklaim oleh salah satu institusi. Tanpa sinergi antar-instansi, perjalanan masyarakat yang mudik Lebaran Idul Fitri tidak akan berjalan dengan aman dan lancar.

Seperti perjalanan darat menggunakan kendaraan pribadi dan angkutan umum, masyarakat bisa merasakan keamanan dan kenyamanan berkat ada aparat kepolisian bersama instansi terkait seperti petugas kesehatan, pekerjaan umum, penanggulangan bencana, PMI, dan instansi terkait lainnya.

Begitu juga bahan bakar minyak (BBM) dijamin pihak Pertamina tersedia cukup sesuai kebutuhan masyarakat, juga menjadi faktor pendukung kelancaran perjalanan mudik.

Untuk mencegah gangguan kamtibmas serta keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas Polda Sumsel menggelar Operasi Ketupat Musi 2023.