OKU terima bantuan bibit tanaman produktif 37 ribu batang

id Bantuan bibit, tanaman produktif, petani di OKU, Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian OKU,Kabupaten OKU terima bantuan

OKU terima bantuan bibit tanaman produktif 37 ribu batang

Ribuan batang bibit tanaman produktif diterima masyarakat Desa Pusar, Sabtu. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan menerima bantuan bibit aneka jenis tanaman produktif sebanyak 37 ribu batang, untuk dibudidayakan oleh masyarakat di daerah itu.

"Puluhan ribu batang bibit tanaman bantuan dari Kementerian Pertanian ini tiba di desa kami beberapa hari lalu," kata Zainuddin, Kepala Desa Pusar, Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten OKU, di Baturaja, Sabtu.

Dia mengatakan, bantuan tersebut diperuntukan bagi masyarakat Desa Pusar yang mayoritas berprofesi sebagai petani, untuk dibudidayakan di lahan pertanian masing-masing.

Adapun jenis bibit tanaman produktif yang diterima pihaknya itu yaitu buah alpokat, pinang, petai dan buah nangka.

"Setelah dilakukan serah terima semua bibit ini akan kami bagikan kepada masyarakat Desa Pusar," katanya.

Selain masyarakat di desanya, Zainuddin menegaskan bibit tanaman ini juga akan dibagikan kepada masyarakat di desa lainnya yang membutuhkan bibit untuk ditanam.

Oleh sebab itu, kata dia, bagi masyarakat yang membutuhkan bibit ini bisa mengambilnya langsung di Kantor Desa Pusar setelah dilakukan serah terima oleh pihak terkait tersebut.

"Kami masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat terkait bagaimana mekanisme penyaluran bibit ini kepada masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKU Joni Saihu melalui Kasi Pengolahan Hasil Perkebunan, Rusdi Ariansyah secara terpisah mengaku tidak mengetahui adanya distribusi bantuan bibit tanaman yang diterima oleh Pemerintah Desa Pusar tersebut.

"Setahu kami tidak ada bantuan bibit dari pemerintah pusat yang dikirim ke OKU. Kalaupun ada mungkin itu kiriman dari Kementerian Pertanian atau Kehutanan," ujarnya singkat.