Gubernur Sumsel: POPDA XVI 2022 ajang penyaringan atlet

id POPDA XVI Sumsel,Popda sumsel, gubernur sumsel, jaring atlet popda

Gubernur Sumsel: POPDA XVI 2022 ajang penyaringan atlet

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru membuka secara resmi POPDA XVI 2022 di Jakabaring Sport City Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (23/8/2022) (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru menyebutkan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XVI 2022 disiapkan sebagai ajang penyaringan atlet muda yang dipersiapkan untuk mewakili daerah ini dalam kejuaraan olahraga tingkat nasional dan internasional.

Herman Deru di Jakabaring Sport City Palembang, Selasa, mengatakan atas tujuan tersebut dirinya meminta secara khusus kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga instansi terkait lain di Provinsi/Kabupaten hingga Kota untuk serius menyikapinya.

“Saya minta serius, pertama ini merupakan ajang penyaringan atlet dari kalangan pelajar, supaya eksistensi keberadaan atlet Sumsel dalam event olahraga nasional-internasional tidak terputus,” kata dia, seusai membuka POPDA XVI 2022.

Menurut dia, pelaksanaan penyaringan dalam rangkaian POPDA XVI pun harus dapat dilakukan secara objektif dan menyorot pelajar-pelajar yang memiliki keunggulan dalam cabang olahraga yang digelutinya.

Baca juga: Sumsel bidik tuan rumah POPNAS 2023

Misalnya, kata dia, pelajar yang memiliki kemampuan lebih pada cabang olahraga sepak bola, panjat tebing, ataupun senam yang telah mengharumkan nama Sumsel beberapa tahun terakhir pembinaannya mesti berkelanjutan.

“Ini juga menjadi tugas pelatih yang telah ditunjuk oleh daerah peserta POPDA. Mereka memiliki catatan tersendiri terkait kemampuan atletnya, itu harus diteruskan dan diseriusi, ikuti program pembinaan yang sudah ditentukan,” imbuhnya.

Terkhususnya, ia mengharapkan, kepada ribuan pelajar yang bertanding di 26 cabang olahraga POPDA XVI beserta ofisial untuk tetap semangat, fokus, dan menjunjung tinggi jiwa sportivitas supaya dapat mempersembahkan prestasi dan mengharumkan nama daerah yang diwakili.

“Munculkan semua kemampuan kalian di sini dan apapun yang terjadi belajarlah memiliki jiwa sportivitas, itu modal yang harus dimiliki untuk kelak menjadi atlet besar,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Riza Fahlevi mengatakan ada sebanyak 2.191 orang pelajar usia SMA atau sederajat termasuk pelatih dan ofisial dari setiap kabupaten kota yang bersaing secara ketat dalam POPDA XVI tahun 2022.

Para peserta tersebut masing-masing mengikuti sebanyak 26 cabang olahraga di antaranya Sepak Bola, Kempo, Panjat Tebing, Karate, Angkat Besi dan Senam pada event yang berlangsung selama delapan hari ke depan di Jakabaring Sport City Palembang.

“Selama delapan hari ke depan mereka akan bersaing secara ketat, POPDA XVI juga sebagai ajang seleksi yang berkelanjutan. Insyallah, yang berprestasi dapat dipertandingkan pada POPNAS tahun depan (2023),” katanya.