RRI Palembang gelar seleksi PTQ tingkat regional

id RRI,PTQ,pekan tilawatil quran

RRI Palembang gelar seleksi PTQ tingkat regional

Peserta PTQ unjuk kemampuan pada nomor tausiah di hadapan dewan juri di Auditorium RRI Palembang, Senin (4/4/22). (ANTARA/Dolly Rosana)

Palembang (ANTARA) - Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia Palembang, Sumatera Selatan, mulai menggelar seleksi Pekan Tilawatil Qur'an (PTQ) ke-52 1443 H/2022 M tingkat regional Sumatera Bagian Selatan, Senin, untuk mengirimkan wakil ke ajang tingkat nasional.

Kepala LPP RRI Joko Purnomo mengatakan utusan dari regional Sumbagsel (Jambi, Lampung, Bengkulu, dan Sumsel) ini akan tampil pada ajang PTQ tingkat nasional di Takengon, Aceh, pada 13 April mendatang.

“Tugas kami di RRI Palembang selaku koordinator wilayah menggelar seleksi untuk mendapatkan wakil peserta pertandingan tilawah untuk putra dan putri, serta tausiah untuk putra dan putri,” kata dia.

Sejauh ini terdapat 50 orang peserta yang mendaftar dalam kompetisi ini yang berasal dari sejumlah kabupaten/kota di Sumsel.

Pada tahun ini terjadi penurunan jumlah pendaftar lantaran adanya aturan mengenai wajib vaksin dan peserta BPJS Kesehatan.

“Ke depan kami berharap, peserta bisa berasal dari seluruh kabupaten/kota di Sumsel,” kata dia.

Ajang PTQ ini sejalan dengan program Pemprov Sumsel, yakni pendirian Rumah Tahfidz di setiap desa.

Menurutnya, sejak Palembang menjadi tuan rumah PTQ tingkat nasional pada 2021, gaung untuk mengaji semakin dirasakan di daerah ini,

“Mudah-mudahan utusan kafilah yang kami kirimkan menjadi terbaik nasional,” kata dia.

Ajang PTQ tingkat nasional nantinya akan mempertandingkan tilawah, tausiah, hafiz dan tahfidz

Kakanwil Kemenag Sumsel Deni Priansyah yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan kegiatan PTQ ini sangat bermanfaat bagi masyarakat karena menumbuhkan nilai-nilai religius.

“Dengan dilaksanakan di bulan Ramadhan, tentunya akan semakin menambah kekhusyukan dalam beribadah,” kata dia.