297 orang jemaah calon haji OKU batal berangkat ke Mekah

id 297 CJH asal OKU, batal berangkat ke Mekah, akibat COVID-19, vaksin CJH, Kemenag OKU, Kabag Kesra Setda OKU

297 orang jemaah calon haji OKU batal berangkat ke Mekah

Ilustrasi Calon Jamaah Haji Indonesia (ANTARA/HO/21)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 297 orang jemaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan batal berangkat ke tanah suci Mekah untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini.

"Pembatalan ini menyusul pernyataan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Agama di Jakarta pada Kamis 3 Juni 2021," kata Kasi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Ogan Komering Ulu (OKU) Abdul Muis di Baturaja, Jumat.

Dia mengatakan, ratusan CJH asal Kabupaten OKU ini harus kembali menunda keberangkatannya ke tanah suci Mekah akibat wabah pandemi COVID-19 yang belum berakhir.

Rencananya, Kemenag OKU akan memberangkatkan sebanyak 297 JCH ke tanah suci Mekah pada akhir Juni atau awal Juli 2021. Hal ini didukung dengan proses vaksinasi yang telah dilaksanakan sejak April 2021.

"Untuk berapa banyak jamaah yang sudah divaksin kami belum mendapat laporan. Yang jelas, proses vaksinasi bagi JCH saat ini masih terus berlangsung," ujarnya.

Pembatalan 297 JCH Kabupaten OKU ke tanah Suci Makah tahun ini ditanggapi langsung oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) OKU, Kadarisman.

Kadarisman meminta JCH OKU yang batal berangkat tahun ini untuk tetap bersabar menunggu keberangkatan tahun depan.

"Kita berdoa semoga pandemi COVID-19 cepat berlalu sehingga pada tahun mendatang jemaah calon haji sudah bisa berangkat ke tanah suci," ujarnya.