Mampir ke Drumstairs, restoran barbeque ala Korea halal milik Rossa

id Drumstairs,restoran artis,rossa,restoran barbeque autentik Korea,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, info sumsel

Mampir ke Drumstairs, restoran barbeque ala Korea halal milik Rossa

Hidangan Korean Barbeque Halal di restoran Drumstairs (instagram/drumstairs)

Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Rossa tak cuma bekerja sama dengan grup idola Korea Selatan Super Junior dalam berbagai kesempatan atau mengeluarkan lagu dalam bahasa Korea, kini dia juga merambah bisnis restoran barbeque ala Korea yang semua menunya halal.

Bisnis baru pelantun "Hati Yang Kau Sakiti" ini bernama Drumstairs, nama yang diambil karena letaknya berada di sebelah kafe Walking Drum, milik koleganya yang mendirikan restoran BBQ ini bersama dengan Rossa. Juga, restoran ini berada di lantai dua sehingga setiap pengunjung harus menaiki tangga terlebih dahulu.

Sudah ada berbagai restoran barbeque autentik Korea di Indonesia, namun Rossa menitikberatkan pada sajian halal yang meliputi bahan baku hingga proses memasak. Kendati demikian, dia masih melewati proses untuk mendapatkan sertifikasi halal.

"Bahan dan cara memasak insya Allah halal, semoga penggemar Korean barbeque enggak takut menikmati makanan Korea," kata Rossa.

Ide membuat restoran ini tercetus pada akhir 2020, ketika banyak orang di Indonesia melewati pandemi dengan menonton drama Korea sebagai hiburan di mana banyak adegan memperlihatkan lezatnya makanan Negeri Ginseng.

Rossa dan kolega mencoba-coba resep sendiri, mencari formula rasa ala Korea, tapi juga disesuaikan dengan selera lidah Indonesia. Koki restorannya adalah koki Indonesia yang mendapat supervisi dari chef Korea.

"Semua berawal dari hobi, iseng yang elegan. Kesukaan makan Korean BBQ dibikin jadi sebuah usaha," ujar Rossa sambil tersenyum lebar.

Membangun bisnis baru di tengah pandemi bukan hal mudah, tapi dia tetap berusaha untuk produktif dan menyesuaikan dengan kenormalan baru. Sebelum pandemi, peresmian restoran bisa dilakukan lebih maksimal, tapi saat ini yang bisa dilakukan olehnya adalah berusaha agar usaha kuliner ini tetap berjalan lancar sehingga bisa turut mendorong perekonomian dan membuka lapangan kerja.

Suasana Korea terasa dari perlengkapan makan hingga sekat-sekat yang memperlihatkan gambar pemandangan. Rupanya, barang-barang di dalam restoran bernuansa industrial itu memang diboyong langsung dari Negeri Ginseng, termasuk sendok dan sumpit.

Selain disuguhi pilihan daging yang sudah dimarinasi untuk dibakar sendiri di panggangan yang ada di setiap meja, ada nampan kayu kecil memanjang berisi banchan alias side dish, isinya daun perilla, potongan timun dan wortel, selada, potongan bombay, cabe hijau, bawang putih, kimchi juga saus manis dan saus pedas.

Karena sudah dimarinasi, daging yang telah dibakar sesuai selera tiap konsumen sudah terasa enak ketika dimakan, meski tidak ditambahkan saus apa pun. Anda bisa langsung memakannya dengan nasi, atau membungkusnya dengan sayuran dan kimchi sebelum dimasukkan ke dalam mulut. Cara yang sering terlihat dalam adegan-adegan di drama Korea juga merupakan cara makan favorit Rossa.

"Kalau aku suka tumpuk, taruh daging dan saus, dilipat sayurnya, lalu makan. Sama kayak sunda, sayurnya seperti lalapan. Jadi ini seperti Korean Barbeque Sumedang," dia bergurau.

Rossa menuturkan, semua dagingnya berasal dari Indonesia, begitu juga sayur mayur yang digunakan untuk bahan baku hidangan restoran.

Meski tidak mengimpor daging, dia meyakini kualitas daging lokal juga tidak kalah bagus.

"Korea sangat bangga dengan produk sendiri, maka daging Korea di sana lebih mahal, kita juga harus beradaptasi seperti mereka, bangga dengan produk sendiri," ujar dia.

Rossa menjanjikan akan ada pengembangan menu sehingga lebih bervariasi. Selama pandemi, restoran itu terus menerapkan protokol kesehatan seperti disinfeksi rutin, sterilisasi alat makan, pembatasan kapasitas hingga menyediakan tisu basah di setiap meja. Pada tahun ini, Rossa berharap bisa menambah cabang di Jakarta atau kota lain.


Kegiatan Rossa selama Ramadhan

Selain Drumstairs, hal lain yang menjadi fokus Rossa selama bulan Ramadhan di tengah kesibukannya yang begitu padat adalah memperdalam ilmu agama selama sebulan penuh.

"Penginnya janjian sama guru ngaji, mulai tadarusan di rumah," kata Rossa di restoran Drumstairs, Jakarta yang dikelolanya, Senin. 

Dia biasanya memanggil guru mengaji untuk datang ke rumahnya dua kali sepekan, untuk mengajar putra semata wayangnya, juga untuk dirinya sendiri serta orang-orang yang bekerja di rumahnya. 

Rossa menambahkan, dia tidak punya persiapan khusus lainnya, atau merencanakan menu istimewa santapan Ramadhan. Dia akan menyiapkan apa pun makanan sesuai keinginan saat itu, apalagi biasanya nafsu makan saat Ramadhan lebih terkendali.

"Kalau makan saat Ramadhan kan enggak sebanyak (biasanya)," imbuh Rossa yang masih sibuk menjadi juri kompetisi bakat Indonesian Idol 2021. 

Rossa baru-baru ini menggaet Donghae dari grup K-Pop Super Junior untuk tampil di dalam video klipnya, "The Heart You Hurt" yang liriknya berbahasa Korea. Dia berkisah, ada sekelompok penggemar dari Indonesia yang membuat proyek untuk memasang video klip tersebut di videotron Korea Selatan. 

Dalam konferensi pers pada akhir Maret,  Rossa mengungkap alasan menggaet Lee Donghae sebagai salah satu model video musiknya. "Aku ingin banget ajak salah satu member Super Junior untuk feature di video klip aku. Aku bilang boleh enggak ajak Donghae. Terus, Donghae mau, Super Junior memperbolehkan, SM Indonesia dan SM Entertainment di Korea langsung setuju," kata dia.

Penggarapan video melibatkan berbagai pihak dari Indonesia dan Korea Selatan dan mengambil setting di tiga tempat yakni Jakarta, Bali dan Seoul, Korea Selatan sembari menerapkan protokol kesehatan. Donghae sendiri merampungkan syuting seharian di Seoul.