"Nomadland" dominasi kemenangan di BAFTA Awards 2021

id bafta,bafta awards,bafta awards 2021,bafta 2021,nomadland,Chloe Zhao

"Nomadland" dominasi  kemenangan di BAFTA Awards 2021

"Nomadland" (2020). (Twitter/nomadlandfilm)

Jakarta (ANTARA) - "Nomadland" mendominasi kemenangan dalam perhelatan British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) Awards 2021, termasuk di kategori Film Terbaik, The Hollywood Reporter melaporkan, dikutip pada Minggu.

Selain Film Terbaik, eksplorasi sutradara Chloe Zhao tentang komunitas nomad di Amerika Barat membawa pulang penghargaan Aktris Terbaik untuk Frances McDormand, Sutradara Terbaik untuk Zhao dan Sinematografi Terbaik untuk Joshua James Richards.

Dalam merayakan kemenangannya, Zhao - yang menjadi wanita Asia dan kulit berwarna pertama yang memenangkan penghargaan sutradara sekaligus wanita kedua dalam sejarah penghargaan - kemudian mengatakan dia akan "sangat pusing" pada Senin pagi karena terlalu bahagia.

Sementara itu, Anthony Hopkins memenangkan penghargaan Aktor Terbaik untuk penampilannya di "The Father" karya Florian Zeller, yang juga mendapatkan piala untuk Skenario Adaptasi Terbaik.

"The Promising Young Woman" karya Emerald Fennell mengklaim Film Inggris dan Skenario Asli terbaik, sementara film Pixar "Soul" berhasil menang untuk Animasi dan Skor Orisinal Terbaik.

Pada kategori penampilan lainnya, Daniel Kaluuya memenangkan penghargaan Aktor Pendukung Terbaik untuk "Judas and the Black Messiah", sementara Yuh-Jung Youn memenangkan Aktris Pendukung Terbaik untuk "Minari".

Upacara perhelatan BAFTA 2021 diadakan pada hari Sabtu dan Minggu dari Royal Albert Hall, dengan para nomine bergabung secara virtual. Acara hari Minggu, yang lebih panjang dari keduanya, juga memiliki beberapa pertunjukan musik, dan juga melihat Ang Lee diberikan penghargaan BAFTA Fellowship, penghargaan tertinggi British Academy.

Sebelumnya, "Nomadland" dan "Rocks" masing-masing mengklaim tujuh nominasi, dengan "The Father", "Mank", "Minari" dan "Promising Young Woman" dengan enam nominasi.

Nominasi yang diumumkan pada bulan Februari, juga dipuji sebagai yang paling beragam dalam sejarah BAFTA, dengan 16 dari 24 aktor dinominasikan dalam kategori pertunjukan berasal dari latar belakang ras atau etnis minoritas, dan rekor empat wanita terpilih untuk sutradara terbaik.


 
Berikut daftar pemenang BAFTA Awards 2021.

Best Film - "Nomadland"

Leading Actress - Frances Mcdormand, "Nomadland"

Leading Actor - Anthony Hopkins, "The Father"

Director - Chloe Zhao

Rising Star - Bukky Bakray

Outstanding British Film - "Promising Young Woman"

Original Score - "Soul"

Documentary - "My Octopus Teacher"



Outstanding Debut By A British Writer, Director Or Producer - "His House", Remi Weekes (Writer/Director)

Supporting Actor - Daniel Kaluuya, "Judas And The Black Messiah"

Original Screenplay - "Promising Young Woman"

Supporting Actress - Yuh-Jung Youn, "Minari"

Cinematography - "Nomadland"

Film Not In The English Language - "Another Round"

Editing - "Sound Of Metal"

Adapted Screenplay- "The Father"

Animated Film - "Soul"

Sound - "Sound Of Metal"

Special Visual Effects - "Tenet"

British Short Animation - "The Owl And The Pussycat"

British Short Film - "The Present"

Production Design - "Mank"

Makeup & Hair - "Ma Rainey’s Black Bottom"

Costume Design - "Ma Rainey’s Black Bottom"

Casting - "Rocks"