Ratu Elizabeth raih penghargaan kehormatan BAFTA

id bafta, Ratu Elizabeth

Ratu Elizabeth raih penghargaan kehormatan BAFTA

Ratu Elizabeth II menerima penghargaan kehormatan BAFTA dari aktor dan sutradara Kenneth Branagh sebagai pengakuan atas dukungan seumur hidup dari film Inggris. (FOTO ANTARA/AFP)

..... ratu tampak melompat dari helikopter terbang melayang di atas panggung acara dan terjun ke stadion.....
London (ANTARA/Reuters) - Ratu Elizabeth, Kamis, memperoleh penghargaan paling bergensi di industri hiburan Inggris --British Academy of Film and Television Arts (BAFTA)-- atas dukungannya untuk industri film dan televisi.

Aktor dan sutradara Kenneth Branagh menyerahkan penghargaan kehormatan BAFTA yang setara dengan penghargaan Oscar di Hollywood  kepada ratu berusia 86 tahun itu atas dukungannya pada banyak
organisasi hiburan negara itu sejak bertahta pada tahun 1952.

Ratu secara pribadi menunjukkan dukungannya terhadap industri film ketika tahun lalu ia turut membintangi film James Bond bersama Daniel Craig sebagai bagian dari upacara pembukaan Olimpiade London 2012.

Potongan film yang disaksikan penonton televisi di seluruh dunia itu menunjukkan pertemuan Ratu Elizabeth dengan Daniel Craig di Istana Buckingham sebelum terbang menggunakan helikopter.

Setelah penayangan adegan itu, ratu tampak melompat dari helikopter terbang melayang di atas panggung acara dan terjun ke stadion. Adegan itu dilakukan untuknya oleh seorang seniman pengganti.

Kemunculan tak terduga itu membuat ratu menjadi "gadis Bond paling dikenang", kata John Willis, Ketua BAFTA.

Saat menyerahkan penghargaan di kediaman Ratu di Windsor Castle, London, Branagh sambil bergurau mengatakan bahwa masih banyak tawaran peran jika ratu bersedia.

"Beberapa kolega saya yang ada di sini malam ini ingin memberi tahu Anda bahwa mereka ingin Anda lebih banyak lagi terlibat di film Inggris. Mereka punya banyak skenario bagus untuk Anda," kata Branagh.

Ratu dan keluarga kerajaan Inggris menuai banyak dukungan dalam beberapa tahun terakhir setelah pada 2011 cucunya, Pangeran William, menikahi Kate Middleton dan perayaan 60 tahun bertahta ratu (diamond jubilee).

Bayi pasangan William dan Kate yang diharapkan lahir pada Juli tahun ini diperkirakan akan makin menaikkan pamor keluarga kerajaan.

Penerjemah: C. Aryani