Menperin terbang ke Jepang dan Korsel kunjungan perdana

id Menperin,kunker,Industri Otomotif,Industri Baja,Industrk Petrokimia,Industri Kaca

Menperin terbang ke Jepang dan Korsel kunjungan perdana

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ditemui menjelang kunjungan kerja untuk bertemu pelaku industri di Tokyo, Jepang. (ANTARA/ Sella Panduarsa Gareta)

Tokyo (ANTARA) - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memilih menyambangi industri-industri yang ada di Jepang dan Korea Selatan untuk kunjungan kerja perdananya setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo.

“Kami memilih industri di kedua negara ini karena memiliki arti yang sangat penting, sebagai mitra strategis untuk Indonesia, khususnya potensi dari investasi-investasi yang bisa didapat dari perusahaan yang ada di kedua negara,” kata Menperin di Tokyo, Minggu.

Agus menyampaikan, kunjungan kerjanya tersebut bertujuan untuk memperkenalkan diri sebagai menteri baru kepada industri, sekaligus mendengar aspirasi pelaku industri.

“Saya ingin mendengar aspirasi atau menyerap langsung dari industri terhadap apa saja yang bisa kami lakukan, kami bantu, kami asistensi agar industri ini bisa nyaman masuk ke Indonesia,” ujarnya.

Pada kunjungan tersebut, Menperin dijadwalkan bertemu dengan sejumlah industri otomotif di Jepang yang telah menanamkan investasinya di Indonesia, industri baja, industri kaca, serta industri petrokimia.

Pada Senin (18/11), Agus dijadwalkan bertemu dengan jajaran direksi Nippon Steel, Nippon Shukubai, dan dilanjutkan dengan pertemuan bersama petinggi Asahimas.

Kemudian, Menperin akan bertemu sejumlah industri otomotif, yakni dengan Mitsubishi Motors Corporation (MMC), Mitsubishi Corporation (MC), Toyota Group, Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Toyota Astra Motor (TAM), Daihatsu Motor Corporation, Astra Daihatsu Motor, Hino Motor (Jalan), dan Hino Indonesia.

Selain itu, Suzuki Motor Corporation, PT Suzuki Indonesia Motor (SIM), Isuzu Japan, Isuzu Indonesia, Honda Motor, dan Honda Prospect Motor.

Menperin akan melanjutkan kunjungan kerjanya ke Korsel pada Selasa (19/11) untuk bertemu dengan direksi dari PT LG Chemical, LG International, Hyundai, Lotte Chemical, Posco, Posco Indonesia, NRC Industries, dan SK Group.