Walikota paparkan pengembangan Pariwisata Palembang

id walikota,palembang,harno,harnojoyo,paparan,menpar,menteri pariwisata

Walikota paparkan pengembangan Pariwisata Palembang

Walikota Palembang Harnojoyo dalam paparan berbalut kegiatan Dialog Publik Pembangunan Manusia bertema 'Peningkatan Produktivitas Masyarakat Berbasis Pariwisata Lokal' di Palembang, Rabu (6/2). (ANTARA News Sumsel/Fernando Tri Tanjung/EM/19)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Wali Kota Palembang Harnojoyo memberikan paparan di hadapan Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya dan civitas akademika Universitas Sriwijaya tentang pengembangan pariwisata berbasis lokal di Palembang.  

“Sektor pariwisata di Palembang memberikan kontribusi besar bagi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD),” kata Harnojoyo dalam paparan berbalut kegiatan Dialog Publik Pembangunan Manusia bertema 'Peningkatan Produktivitas Masyarakat Berbasis Pariwisata Lokal' di Palembang, Rabu (6/2).

Ia mengatakan telah terjadi peningkatan PAD secara signifikan di pariwisata,  salah satunya disumbangkan dari retribusi pajak hotel dan restoran yang mencapai Rp118 miliar pada Tahun 2018. 

Dialog Publik dihadiri Menteri Pariwisata RI Arief Yahya,  Deputi II Staf Kepresidenan Yanuar Nugroho,  Sekda Sumsel Nasrun Umar, Rektor Unsri Anis Sagaf, Direktur Informasi Komunikasi dan Maritim Kominfo Septriasa Tankary,  dan civitas akademika Unsri. 

“Palembang memiliki 11 zona pengembangan Pariwisata yang siap dikembangkan dan membutuhkan dukungan pusat,” ujarnya.

Harnojoyo menambahkan ditingkat lokal, pemerintah Palembang telah merumuskan sejumlah kebijakan daerah untuk mendorong pengembangan sektor pariwisata. 

“Berbicara tentang pariwisata,  tentu tidak terlepas dari kebersihan. Salah satu upaya Pemerintah Palembang untuk membangun kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan adalah dengan menggiatkan Gerakan Gotong Royong,” jelasnya.

Ia menambahkan program ini adalah gerakan moral bersama dalam menjaga kebersihan.  

“Dengan bersama-sama bergotong royong kami berharap masyarakat sadar untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan," ujarnya. 

Harnojoyo mengatakan gerakan gotong royong telah berhasil menjaga kebersihan lingkungan dan keindahan Kota Palembang. 

“Melalui gerakan gotong royong ini pula Palembang mampu mempertahankan Adipura hingga 12 kali,” tambahnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan pihaknya telah memprogramkan Kota Palembang sebagai pusat wisata olahraga. 

“Dengan pertumbuhan kunjungan pariwisata Indonesia yang mencapai 25 persen, program ini diyakini akan berhasil,” tegas Arief Yahya.

Ia mengatakan tahun 2019 pariwisata diproyeksikan menyumbang devisa terbesar di Indonesia US$ 20 miliar. 

“Pertumbuhan kunjungan pariwisata Indonesia mencapai 22 persen dan berpotensi terus meningkat," tutupnya.