Walikota target Palembang bebas banjir tahun 2022

id banjir,palembang,harno,harnojoyo

Walikota target Palembang bebas banjir tahun 2022

Hujan deras mengguyur Kota Palembang pada Senin sore, menimbulkan banjir disebagian besar jalan protokol termasuk di jalan veteran Palembang, Senin (10/12) (ist)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Wali Kota Palembang Harnojoyo menargetkan palembang bebas banjir pada tahun 2022, karena itulah butuh dukungan semua organisasi perangkat daerah dan masyarakat. 

"Beberapa program strategis pemerintah kota antara lain pompanisasi sungai bendung, dan restorasi sungai sekanak dengan dana Rp240 miliar dipinjam dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI)," ujarnya usai acara konsultasi publik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Jumat. 

Dia berharap dengan program tersebut dapat mengatasi masalah banjir di palembang. Makanya butuh program kerjas dan penganggaran tepat dan efisien.

"Kami juga membutuhkan dukungan dari DPRD karena dana yang dianggarkan cukup besar," katanya. 

Selain itu, sasaran yang masih terus dilakukan bagaimana mengubah perilaku masyarakat agar peduli terhadap lingkungan. Begitupun kinerja OPD yang bisa meningkatkan potensi menjadikan kota ini mandiri maka semua potensi harus ditingkatkan. 

"Pembangunan akan meningkat pesat apabila potensi yang ada bisa dikembangkan. Sarana prasarana umum akan semakin baik dengan sistem perencanaan yang baik," imbuhnya. 

Sementara itu, narasumber dari Universitas Darma Persada Jakarta, Andi Erwing mengatakan RPJMD menjadi titik awal pelaksanaan program kerja pemerintah dalam rangka mencapai visi yang diharapkan.

Bahwa harus ada kesepakatan antara semua stakeholder tentang apa yang mau di kerjakan selama 5 tahun ke depan. "Jangan sampai salah dalam merencanakan apa yg mau dikerjakan. Semua program kerja opd harus sesuai dgn RPJMD," ungkapnya. 

Sedangkan fungsi Bappeda adalah untuk mengkoordinir semua rencana kerja pemerintah kota palembang.

"RPJMD merujuk pada visi misi yang sudah disampaikan kepada DPRD sebelumnya," tutupnya.