BBB putar film dokumenter "Bola Oh Bola"

id film, bbb putar film dokumenter

BBB putar film dokumenter "Bola Oh Bola"

Ilustrasi (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Denpasar (ANTARA Sumsel) - Lembaga kebudayaan nirlaba Kompas-Gramedia, Bentara Budaya Bali (BBB) memutar sebuah film fiksi dan dokumenter berjudul "Bola Oh Bola" yang menggambarkan euphoria Piala Dunia, mulai Jumat hingga Sabtu (26/7).

"Euphoria Piala Dunia telah berakhir, ditutup kemenangan Jerman atas Argentina di final, 14 Juli lalu. Sementara itu, sang juara bertahan Spanyol dan juga Prancis harus rela pulang awal lantaran tidak lolos penyisihan grup," kata staf BBB Juwitta L. Lasut yang menata kegiatan tersebut di Denpasar, Jumat.

Lewat pemutaran film "Bola Oh Bola" selama dua hari, mulai pukul 17.00--22.00 Wita itu, kata dia, memberikan kesempatan untuk menyaksikan sepak terjang menarik sang legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona dan maestro sepak bola Prancis, Zidane.

Namun, dalam layar lebar itu, Maradona atau Zidane tidak sedang beradu laga di lapangan hijau, tetapi film fiksi dan dokumenter ini mengisahkan kehidupan mereka.

"Memaknai perhelatan Piala Dunia 2014, program Sinema Bentara kali ini secara khusus menghadirkan film-film bertemakan bola," kata Juwitta L. Lasut.

Melalui besutan sutradara Indonesia maupun luar negeri masyarakat Bali dapat dapat menyaksikan gemuruhnya dunia "di balik si kulit bundar".

Bekerja sama dengan Forum Film Dokumenter, Festival Film Dokumenter, Bogalakon Pictures, dan Udayana Science Club memutar sinema-sinema, di antaranya "The Jak",  "Hari ini Pasti Menang", "Little Zizou", dan "Maradona by Kusturica".

Film-film tersebut merangkum soal taktik dan strategi serta aneka muslihat di lapangan, serta militasi para supporter, intrik  politik, dan kasak-kusuk yang melatarbelakangi kehadiran sebuah tim atau hasil pertandingan.

"Melalui program sinema tentang Bola kali ini, kami berupaya mengajak masyarakat untuk menonton sepak bola dalam lanskap dan perspektif yang berbeda. Semoga menghadirkan kepada kita pengalaman lain tentang sebuah arena pertandingan, permainan, dan sisi-sisi tersembuyi dari sepak bola," ujar Juwitta.