Pemprov bantu perbaikan Masjid Taqwa Rp11 miliar

id pemprov, bantu, masjid

Palembang,  (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sudah memberikan bantuan dana untuk perbaikan pembangunan masjid Taqwa sebesar Rp11 miliar.

Bantuan kepada Masjid itu diberikan secara bertahap mulai tahun 2008-2011 dengan total Rp11 miliar, kata Ketua Komisi V DPRD Sumsel, H Bihaqqi Soefyan di Palembang, Senin.

Menurut dia, kalau untuk biaya rutin kebutuhan masjid Taqwa yang merupakan masjid milik Pemprov Sumsel itu belum ada anggarannya.

Pada tahun 2012 ini ada bantuan hibah untuk masjid itu sekitar Rp75 juta, katanya.

Ia mengatakan, selama ini untuk biaya operasional masjid tersebut tidak pernah dianggarkan, dan baru tahun 2012 ada dana hibah sekitar Rp75 juta guna membantu biaya rutin.

Kebutuhan untuk Masjid itu sebesar Rp360 juta per tahun dan dana yang diperlukan cukup besar, apalagi kalau ada perayaan kegiatan keagamaan, ujar dia.

Ia menuturkan, kalau pengurus masjid itu sudah melakukan pertemuan dengan Komisi V DPRD Sumsel dan ada beberapa hal yang perlu pembahasan mendalam mengenai anggaran rutin, apakah bisa didanai Pemprov Sumsel seperti air bersih dan listrik.

Tadi, pihaknya sepakat kalau memang tidak bermasalah dalam penganggaran mereka menginginkan untuk biaya rutin masjid itu dimasukkan ke dalam anggaran Biro Kesra, dan ini sedang dipelajari kalau memungkinkan, jelasnya.

Selain itu, masih perlu dianggarkan dana untuk tempat wudhu dan toilet (wc) yang lebih sehat dan pagar masjid tersebut.

Kemudian kalau bisa di masjid itu ada semacam halaman aula untuk pernikahan yang perlu diatap, sehingga memudahkan bagi mereka mau melaksanakan pernikahan dan lampu penerangan di masjid tersebut.

"Kita juga ingin agar di sana ada keamanan yang bisa menjaga masjid itu siang dan malam hari, mengenai modelnya seperti apa akan dirumuskan," ujar Bihaqqi.

Status masjid Taqwa itu murni merupakan masjid provinsi dan pembangunan fisiknya dari APBD provinsi, demikian wakil rakyat. (ANT-SUS)