BPBD: Karhutla di Gelumbang Muara Enim capai 40 hektare

id karhutla sumsel,muara enim,kebakaran hutan,bpbd sumsel

BPBD: Karhutla di Gelumbang Muara Enim  capai 40 hektare

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Putak, Kecamatan Gelumbang, Muara Enim, Sumsel. (ANTARA/HO/BPBD Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menyebutkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kecamatan Gelumbang, Muara Enim, mencapai 40 hektare.

Kabid Penanganan Darurat BPBD Sumsel Sudirman di Palembang, Selasa, mengatakan per tanggal 9 September 2024 karhutla terjadi Desa Teluk Limau, Kecamatan Gelumbang, Muara Enim, dengan luasan 25 hektare. Sedangkan untuk karhutla di Desa Putak, Kecamatan Gelumbang, Muara Enim telah memasuki hari ketiga dengan luasan lahan mencapai 15 hektare.

“Untuk saat ini kondisi karhutla di dua desa tersebut api sudah padam, namun masih berasap,” katanya.

Ia menjelaskan upaya pemadaman yang dilakukan di lokasi Desa Teluk Limau yaitu TRC BPBD Posko Gelumbang dan Polsek setempat melakukan pengecekan titik panas serta pendataan dan kaji cepat bencana dan juga pendinginan di lokasi karhutla bersama dengan Koramil Gelumbang, Polsek Gelumbang, dan masyarakat di sekitar.

Kemudian upaya pemadaman yang dilakukan di Desa Putak, TRC BPBD Posko Gelumbang bersama TNI, Polri, PT SAM, pemerintah desa (pemdes) dan masyarakat melakukan ground check dan melakukan pemadaman hari ke-3 di lokasi karhutla dan dibantu Danramil Prabumulih beserta anggota, Koramil Gelumbang, Polri, PT SAM, Pemdes Putak, dan masyarakat sekitar.