"Bule" sapi 1.135 kilo untuk kurban Presiden Jokowi di Palembang

id Sumsel,sapi presiden ri,bule sapi presiden,sapi simental,Sapi qurban,idul adha 2024

"Bule" sapi 1.135 kilo untuk kurban Presiden Jokowi di Palembang

Bule sapi kurban milik Presiden RI Joko Widodo di Palembang, Sumsel, Sabtu (8/6/2024). (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Sumatra Selatan melakukan pengecekan kesehatan terhadap Bule, sapi kurban Presiden Joko Widodo (Jokowi), untuk warga Kota Palembang yang berlokasi di salah satu peternakan Kecamatan Sako, Palembang.  

Sekretaris DKPP Sumsel Rahmat Mulia Harahap saat diwawancarai di Palembang, Sabtu, mengatakan alasan dipilihnya Bule sebagai hewan kurban Jokowi karena telah memenuhi kriteria dari Sekretariat Presiden (Setpres).  

Ia menjelaskan kriteria tersebut, yakni usia sapi di atas dua tahun, tidak memiliki cacat bawaan lahir atau cacat karena hal lain seperti buta, bagian tubuh tak lengkap, pincang atau ada luka, dan kepemilikan sah.  

"Semua sudah diuji dan dilihat kondisinya. Syarat secara syar'i sudah terpenuhi dan sesuai rekomendasi yang ditentukan,” jelasnya.

Ia mengatakan sapi tersebut memiliki bobot seberat 1,135 ton dan direncanakan dipotong di Masjid Taqwa dan dibagikan kepada warga sekitar.

“Terkait harga sapi jenis simental ini ditawarkan oleh pemiliknya senilai Rp125 juta. Akan tetapi, harga tersebut masih dalam tahap negosiasi,” kata Rahmat.

Staf Administrasi Umum Setpres Suprapto mengatakan dirinya telah melihat kondisi sapi kurban milik presiden tersebut. Nanti, pihaknya menentukan sapi jenis Simental seberat 1,135 ton yang menjadi hewan kurban.

"Setelah ini akan kami laporkan hal tersebut dan nantinya ada kesepakatan antara pejabat pengadaan kepresidenan dengan pemilik Pak Idil," ujarnya.

Ia mengatakan pihaknya meminta instansi terkait yang ada di Sumsel untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan hingga pelaksanaan kurban saat Idul Adha 1445 Hijriah.

Hingga saat ini, proses pembelian hewan kurban Presiden Jokowi di 38 provinsi di Indonesia sudah terlaksana di sekitar 15-20 provinsi.

"Masih berproses untuk provinsi lain, tapi yang saya dengar sudah ada di 15-20 provinsi. Kurban pak presiden akan dilakukan di 38 provinsi," kata Suprapto.

Pemilik sapi ternak Muhammad Idil Fitriansyah mengatakan Bule telah dirawat selama tiga tahun yang memiliki berat awal 320 kilogram. Selama perawatan sapi ini dimandikan setiap pagi dan diberikan pakan sebanyak 10 kilogram setiap hari.

“Alhamdulillah sapi ini sudah dipinang oleh pak Presiden Jokowi,” kata dia.