Kartu pintar dianjurkan untuk jamaah haji selama di Tanah Suci

id Haji,Smart card,PPIH Medan,Embarkasi Medan

Kartu pintar dianjurkan untuk jamaah haji selama di Tanah Suci

Sejumlah calon haji ketika berada di Asrama Haji Medan, Sumatera Utara. ANTARA/HO-Embarkasi Medan

Medan (ANTARA) - Jamaah calon haji (JCH) asal Provinsi Sumatera Utara (Sumut) diimbau untuk menggunakan smart card atau kartu pintar selama berada di Tanah Suci.

"Seluruh tamu Allah khususnya asal Sumut diimbau gunakan smart card yang disediakan Pemerintah Arab Saudi," ucap Kepala Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan Ahmad Qosbi di Medan, Rabu.

Kartu pintar ini, lanjut dia, nantinya dibagikan kepada setiap JCH sesuai kelompok terbang (kloter) yang berfungsi sebagai akses untuk mengikuti rangkaian ibadah haji.

Kartu pintar ini didominasi warna coklat dan putih yang bagian depan terdapat foto, data profil jamaah dan barcode yang bisa dipindai untuk mengetahui data jamaah.

Dalam kartu pintar ini termuat seperti nama calon haji, foto, tempat tanggal lahir, nomor visa, provider menerbitkan, dan lokasi pemondokan di Makkah.

"Ada yang berbeda ibadah haji tahun ini. Untuk mengikuti rangkaian ibadah haji, khususnya di Arafah, Muzdalifah, dan Mina untuk seluruh jamaah diterapkan smart card oleh Pemerintah Arab Saudi," tuturnya.