TNI jelaskan alasan bantuan untuk Gaza oleh AU Yordania

id bantuan ke Gaza,bantuan airdrop Gaza,C-130 J Super Hercules,TNI AU,TNI Angkatan Udara,Kapuspen TNI,Angkatan Udara Yordan

TNI jelaskan alasan bantuan untuk Gaza oleh AU Yordania

Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo (tengah) di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (29/3/2024) memberi penjelasan kepada Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto terkait keberangkatan C-130 J Super Hercules TNI AU beserta 27 prajurit TNI ke Yordania untuk mengirim bantuan buat rakyat Palestina di Gaza. ANTARA/Genta Tenri Mawangi.

Jakarta (ANTARA) - Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal TNI Nugraha Gumilar menjelaskan Indonesia belum memperoleh izin untuk terbang di atas wilayah udara Gaza sehingga bantuan untuk rakyat Palestina di Gaza diterjunkan oleh Angkatan Udara Yordania.

Oleh karena itu, misi pengiriman bantuan terbaru yang berangkat dari Jakarta, Jumat, diangkut lebih dulu ke Yordania, baru kemudian diterjunkan dari atas ketinggian dengan pesawat Angkatan Udara Yordania.

"Kita (TNI, red) hanya mengantar ke sana (Yordania, red) karena ada perizinan-perizinan tertentu yang kita memang tidak dapat izin. Nah (izin) itu, yang dapat Yordania sehingga kita titip Yordania, tolong di-drop dengan payung kita dan juga bahan makanan kita, juga bahan makanan mereka," kata Kapuspen TNI selepas upacara keberangkatan pengiriman bantuan terjun payung udara orang (PUO) dan payung udara barang (PUB) untuk Gaza di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat.