Dermaga Plaza 7 Ulu Palembang mulai dioperasikan

id Dermaga 7 Ulu Palembang,Sungai Musi,Dermaga Palembang

Dermaga Plaza 7 Ulu Palembang mulai dioperasikan

Suasana angkutan barang perahu ketek di Dermaga 7 Ulu, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (5/3/2024). ANTARA/M Imam Pramana

Palembang (ANTARA) -
Pejabat (Pj) Wali Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Ratu Dewa menyebutkan bahwa Dermaga Plaza 7 Ulu Palembang mulai beroperasi 5 Maret 2024.
 
"Tanggal 4 Maret 2024 kemarin, kami sudah menerima dokumen resmi dari Kementerian Perhubungan terkait pinjam pakai sementara Dermaga Plaza 7 Ulu untuk dikelola Pemkot Palembang. Saat ini Dermaga Plaza 7 Ulu sudah beroperasi mulai hari ini," kata Ratu Dewa, di Palembang, Selasa.
 
Ia menyatakan bahwa penyerahan pinjam pakai ini merupakan dorongan dari Komisi V DPR RI melalui berita acara tersebut,  sehingga dermaga ini mulai beroperasi.
 
Dia menambahkan melalui dermaga itu, dengan program yang tepat dalam pengelolaannya diharapkan mampu menambah pendapatan asli daerah (PAD).
 
Menurut para pengemudi perahu ketek di Sungai Musi Palembang, operasional dermaga itu mampu membantu untuk menjangkau para penumpang yang hendak berwisata atau menyeberangi Sungai Musi.
 
"Menurut saya ini membantu ya karena para penumpang bisa menunggu di dermaga ini, dan kami para pengemudi ketek akan menjangkaunya, mengingat lokasinya juga strategis," kata Herman, seorang pengemudi perahu ketek.
 
Ia menambahkan dermaga ini tidak membutuhkan papan penyambung dari pinggir perahu ke pelabuhan, karena perahu bisa langsung bersandar di dermaga.
 
Dia berharap Pemkot Palembang mampu membuat program-program yang bisa menguntungkan para pengemudi perahu melalui dermaga tersebut, sehingga mampu membangkitkan perekonomian warga setempat.