Pemkab dan Kodim 0404/Muara Enim gelar pasar murah

id Sumsel, muara enim

Pemkab dan Kodim 0404/Muara Enim gelar pasar murah

Pemkab Muara Enim dan Kodim 0404/Muara Enim menggelar kegiatan Operasi Pasar Murah bersamaan dengan peringatan HUT Persit Kartika Chandra (KCK) Kodim 0404/Muara Enim di Balai Serbaguna Desa Pinang Belarik Kecamatan Ujan Mas, Rabu (28/2/2023). (ANTARA/HO/Diskominfo)

Muara Enim, Sumsel (ANTARA) - Pemkab Muara Enim dan Kodim 0404/Muara Enim  menggelar kegiatan Operasi Pasar Murah bersamaan dengan peringatan HUT Persit Kartika Chandra (KCK) Kodim 0404/Muara Enim di Balai Serbaguna Desa Pinang Belarik Kecamatan Ujan Mas, Rabu (28/2/2023).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim Yulius yang hadir mewakili Bupati Muara Enim mengatakan, Operasi Pasar Murah ini  merupakan salah satu bentuk dukungan Pemkab Muara Enim bersama unsur TNI dan Polri bekerjasama dengan Perum Bulog Cabang Lahat dalam menyukseskan program Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan dan juga Gerakan Pengendalian Inflasi Serentak Sumsel (GPISS) tahun 2024.

Selain bertujuan untuk membantu meringankan daya beli masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok, kegiatan ini lebih ditekankan untuk meredam gejolak harga pangan atau laju inflasi daerah yang saat ini masih menjadi ancaman bagi masyarakat.

Sehingga diharapkan pasar murah ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari karena harga yang ditawarkan disini lebih murah dari harga di pasar, terang Sekda.

Ditambahkannya, kegiatan ini tidak akan sampai disini saja karena menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Pemkab. Muara Enim melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan ESDM Kabupaten Muara Enim bersinergi dengan Bulog dan BUMN/BUMS yang beroperasi dalam wilayah Kabupaten Muara Enim akan terus menggelar Operasi Pasar Murah yang tersebar di 22 Kecamatan.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 0404/Muara Enim Letkol Inf Nugraha mengatakan, kegiatan Operasi Pasar Murah yang disinergikan dengan peringatan HUT ke-78 Persit KCK Kodim 0404/Muara Enim ini merupakan tindaklanjut dari sidak harga di Pasar Inpres Muara Enim beberapa waktu yang lalu bersama Bupati dan Forkopimda Kabupaten Muara Enim.

Ia berharap kegiatan ini dapat membantu masyarakat yang secara ekonomi kurang memiliki daya beli dan mudah-mudahan ini menjadi solusi bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari disamping untuk menekan laju inflasi daerah.

Harga bahan pokok yang dijual selama Operasi Pasar Murah di Desa Pinang Belarik ini antara lain, beras premium Rp63.000 per 5 kg, minyak sayur Rp 11.000 per liter, gula pasir Rp 12.000 per kg, tepung terigu Rp8.000 per pcs, tepung tapioka Rp8000 per pcs, Susu SKM Rp8.000,- per pcs, mentega Rp 5.000 per pcs, dan sirup  Rp10.000 per botol yang mana produk pasar tersebut sudah disubsidi Pemkab Muara Enim melalui dana APBD Kabupaten Muara Enim sebesar Rp3.000 - Rp6.000.