2023, tahunnya bola basket Indonesia

id bola basket,piala dunia fiba,perbasi

2023, tahunnya bola basket Indonesia

Timnas Bola Basket Putri Indonesia menjadi juara Piala Asia FIBA Putri 2023 Divisi B dan berhak naik tingkat ke Divisi A Asia yang digelar di Nimibutr Stadium Bangkok, Thailand, Sabtu (19/8/2023). ANTARA/HO-FIBA/pri. (ANTARA/HO-FIBA)

Jakarta (ANTARA) - Sepanjang 2023 menjadi tahun penuh makna bagi olahraga bola basket Indonesia, baik dalam hal prestasi maupun perkembangan olahraganya.

Di tahun 2023, terukir sejumlah sejarah dari prestasi bola basket Indonesia. Di tahun ini pula, terjadi revolusi industri olahraga basket nasional yang ditandai dengan penyelenggaraan kompetisi Piala Dunia FIBA 2023.

Jika dilihat dari prestasi, Timnas Bola Basket Putri Indonesia menjadi bintangnya pada tahun ini, meski belum mampu diimbangi dengan prestasi Timnas Basket Putra.

Timnas Basket Putri berulang kali menciptakan sejarah pada 2023. Diawali dengan sejarah untuk pertama kalinya Timnas Basket Putri meraih medali emas SEA Games yang diselenggarakan di Kamboja pada Mei lalu.

Lebih dari itu, Timnas Basket Putri bahkan meraih emas SEA Games dengan sempurna dengan menyapu bersih semua lawannya, tanpa menelan kekalahan satu kali pun. Timnas Basket Putri mencatat enam kemenangan melawan Vietnam, Thailand, Malaysia, Filipina, Kamboja, dan Singapura. Semuanya dilibas.

Rekor kemenangan Timnas Basket Putri tidak berhenti di situ. Pada kejuaraan FIBA Asia Cup Putri Divisi B, Timnas Basket Putri menambah tren kemenangan dengan lima menang berturut-turut di kompetisi tersebut.

Kimberley Pierre-Louis dkk menang melawan Iran, Malaysia, dan Mongolia di babak grup. Selanjutnya Indonesia kembali menang melawan Thailand di semifinal, dan kembali menang melawan Iran di babak final FIBA Asia Cup Putri Divisi B 2023.

Dengan kemenangan beruturut-turut ini, Timnas Basket Putri Indonesia mencatat 11 kemenangan beruntun di level Asia Tenggara dan Asia. Juara FIBA Asia Cup Putri Divisi B ini pun menjadi sejarah pertama kalinya yang dicatat oleh Indonesia.