Satu unit rumah warga di OKU Selatan hancur dihantam pohon tumbang

id Bencana alam, pohon tumbang, puting beliung, BPBD OKU Selatan

Satu unit rumah warga di OKU Selatan hancur dihantam pohon tumbang

Personel BPBD OKU mengevakuasi pohon tumbang yang menghantam rumah warga Desa Tanjung Jati pada Sabtu (18/11) malam. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Muaradua (ANTARA) - Satu unit rumah warga di Desa Tanjung Jati, Kecamatan Kisam Ilir, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatra Selatan hancur dihantam pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada Sabtu (18/11) pukul 19.00 WIB.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD OKU Selatan Heri di Muaradua, Minggu mengatakan, tiupan angin puting beliung disertai hujan deras tadi malam menyebabkan sebuah pohon berukuran besar tumbang hingga menimpa rumah warga.

Diketahui pemilik rumah adalah Sumantri (54), warga Desa Tanjung Jati yang tinggal di rumah semi permanen bersama empat orang anggota keluarganya.

Akibat peristiwa tersebut, rumah korban hancur lebur pada bagian atap dan dinding hingga tidak bisa ditempati lagi.

Selain itu, kata dia, peralatan elektronik milik korban yang ada di dalam rumah juga hancur akibat tertimpa material bangunan yang dihantam pohon tersebut.

"Beruntung korban dan keluarganya selamat dari maut, bahkan tidak mengalami luka serius," katanya.

Pihaknya telah mengerahkan personel ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi pohon tumbang tersebut sekaligus membersihkan material bangunan yang hancur.

Petugas di lapangan berjibaku memotong pohon yang menimpa atap bangunan rumah menggunakan peralatan memadai agar proses evakuasi berjalan maksimal.

"Saat ini proses evakuasi pohon sudah selesai dan korban bersama keluarganya sementara waktu terpaksa mengungsi ke tempat keluarga," ujarnya.

Ia mengimbau agar masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan guna mengantisipasi bencana susulan karena intensitas curah hujan tinggi diprediksi masih akan terjadi di wilayah itu selama beberapa hari kedepan.

"Sebagai upaya antisipasi kami telah mendirikan posko penanggulangan agar bencana alam dapat ditanggulangi sedini mungkin supaya tidak menimbulkan korban jiwa," ujar dia.