Pakar UI: Cuaca ekstrem pengaruhi kelangsungan hidup fauna

id pakar ui,cuaca ekstrem,ui depok,fauna dan flora,dampak cuaca ekstrem,UI,Pakar,Fauna,Binatang]Harimau,Gajah,Burung,Danau

Pakar UI: Cuaca ekstrem pengaruhi kelangsungan hidup fauna

Kepala Pengembangan dan Pelayanan Pusat Riset Perubahan Iklim UI / Research Center for Climate Change University of Indonesia (RCCC UI), Dr Nurul L Winarni. (ANTARA/HO-Humas UI).

Depok (ANTARA) - Kepala Pengembangan dan Pelayanan Pusat Riset Perubahan Iklim Universitas Indonesia / Research Center for Climate Change University of Indonesia (RCCC UI), Dr Nurul L Winarni mengatakan cuaca ekstrem panas mempengaruhi kelangsungan hidup fauna.

"Dampak yang mungkin dialami oleh fauna di wilayah iklim tropis adalah ketersediaan makanan dan air serta migrasi dan distribusi habitatnya," kata Dr Nurul L Winarni di kampus UI Depok, Rabu.

Dia menjelaskan, Indonesia berada pada daerah tropis sehingga hewan-hewan yang ada di Indonesia merupakan jenis hewan yang juga hidup di daerah tropis.

Hewan-hewan ini terdiri atas berbagai hewan karismatik, seperti harimau, gajah, badak, hingga berbagai jenis burung, reptil, amfibi, ikan, serangga, dan sebagainya. Cuaca ekstrem memiliki dampak signifikan terhadap berbagai jenis fauna.

Dr Nurul memberikan contoh, seperti burung-burung yang tinggal di pegunungan menjadi semakin sempit habitatnya karena pengaruh perubahan suhu yang semakin panas. Jenis-jenis hewan eksoterm, seperti amfibi, hewan yang memiliki sensitivitas terhadap perubahan suhu.