OKU Timur beri beasiswa untuk santri berprestasi

id Hari Santri Nasional, pondok pesantren, beasiswa santi, Pemkab OKU Timur

OKU Timur beri beasiswa untuk santri berprestasi

Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah saat menghadiri peringatan Hari Santri Nasional di Pondok Pasantren Al Ikhsan Desa Sumber Jaya, Kecamatan Belitang II, Minggu. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Martapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatra Selatan memberikan beasiswa pendidikan bagi santri pondok pesantren Al Ikhsan Desa Sumber Jaya yang berprestasi.

"Program beasiswa santri berprestasi ini mulai berlaku pada 1 Januari 2024," kata Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah saat menghadiri peringatan Hari Santri Nasional di Pondok Pasantren Al Ikhsan Desa Sumber Jaya, Kecamatan Belitang II, Minggu.

Bupati menjelaskan, program beasiswa ini menyasar pada santri berprestasi, kurang mampu, yang sudah selayaknya mendapat bantuan untuk biaya pendidikan.

Menurut dia, program ini sejalan dengan visi, misi serta Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemkab OKU Timur dalam upaya meningkatkan kualitas mutu pendidikan di daerah itu.

Pada momen Hari Santri Nasional 2023 ini, Bupati berharap pondok pesantren dan santri dapat terus berkontribusi bagi bangsa dan negara, terutama mewujudkan OKU Timur Maju dan Lebih Mulia. Bupati pun mengapresiasi kiprah santri yang menjadi pilar kekuatan bangsa sejak zaman perjuangan kemerdekaan hingga saat ini.

"Santri merupakan pilar kekuatan bangsa, pondasi kekokohan bangsa yang sudah terbukti sejak zaman perjuangan," ujarnya.

Ketua Umum Forum Pondok Pesantren OKU Timur KH Ibrahim Noer AZ menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kado hari santri dari pemerintah daerah setempat tersebut.

“Untuk program beasiswa baru pertama kali terjadi sehingga kami sangat menyambut baik sekali program beasiswa santri berprestasi ini yang diharapkan dapat meningkatkan semangat para santri untuk menimba ilmu agama di pondok pesantren di OKU Timur," ujarnya.

Peringatan hari santri di Pasantren Al Ikhsan Desa Sumber Jaya itu sendiri diikuti oleh ribuan santri di Zona Timur.