Lahat juara umum Porprov Sumsel XIV/2023

id porprov sumsel, pekan olahraga

Lahat juara umum Porprov Sumsel XIV/2023

Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya menyerahkan Piala Bergilir Juara Umum Porprov Sumsel XIV/2023 kepada Bupati Lahat H Cik Ujang pada acara penutupan Porprov Sumsel XIV/2023 Lahat, Minggu. (ANTARA/HO/YoutubeKominfoLahat)

Lahat, Sumsel (ANTARA) - Kontingen tuan rumah Kabupaten Lahat  Sumatera Selatan akhirnya memenuhi targetnya menjadi i Juara Umum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel XIV/2023.

Ketua Panitia Besar Porprov XlV Lahat Sumsel Ahmad Samsudin menyebutkan pertandingan cabang olahraga terakhir, paralayang di Kota Agung Lahat, Minggu petang, Kabupaten Lahat mengumpulkan medali emas terbanyak yakni 198 medali emas, 126 perak dan 136.   

Dengan hasil itu Kabupaten Lahat berhasil merealisasikan "3 Sukses" yakni Sukses Penyenggaraan, Sukses Prestasi dan Sukses Pemberdayaan Ekonomi masyarakat.

Bupati  Lahat menerima Piala Bergilir Juara Umum Porprov Sumsel dari Wagub Sumsel H Mawardi Yahya dan Ketua PB Porprov Sumsel XIV/ 2023 Ahmad Syamsudin.

Peringkat kedua ditempati Kontingen Musi Banyuasin dengan 124 medali emas 108 perak  239 perunggu dan Palembang 121 emas 125 perak 200 perunggu. Kedua kontingen ini terus melakukan perburuan emas untuk mengejar ketertinggalan.

Sementara itu penutupan Porprov dilakukan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Mawardi Yahya dan Ketua Panitia Besar Porprov Sumsel 2023 Ahmad Samsudin. Hadir pada kesempatan  Bupati Lahat Cik Ujang serta semua stakeholder terkait dan pimpinan pemerintahan 17 Kabupaten/Kota di Provinsi ini.

"Kami mengucapkan selamat kepada kontingen Lahat yang menjadi juara umum, dan Musi Banyuasin juara kedua, serta Palembang juara ketiga," kata Mawardi Yahya.

Ia menyebutka ajang Porprov ini bukan hanya sekedar untuk mencari prestasi. Namun menurutnya ini merupakan ajang silaturahmi insan olahraga yang tentunya memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat khususnya pelaku UMKM.

Ia mengapresiasi semua pihak terkait yang telah menyukseskan rangkaian acara tersebut mulai dari panitia, atlet, pihak sponsorship, dan seluruh masyarakat Sumsel.

Dia mengharapkan kepada atlet yang berprestasi untuk semakin semangat berlatih dan tidak puas dengan apa yang diraih di Porprov kali ini.

Sedangkan bagi atlet yang belum menorehkan prestasi jangan berkecil hati dan terus berlatih sampai berprestasi di kompetisi selanjutnya.

Ketua Panitia Besar Porprov XlV Lahat Sumsel, Ahmad Syamsudin dalam laporannya mengatakan tuan rumah Lahat menjadi juara umum dengan perolehan 198 medali emas disusul Musi Banyuasin dengan 124 medali emas dan Palembang 121 emas.

"Dengan mengucapkan Alhamdulillah, sampai bertemu di Porprov selanjutnya dan Banyuasin akan menjadi tuan rumah," ujarnya.

Sementara Bupati Lahat Cik Ujang dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur atas kesuksesan menjadi tuan rumah serta menjadi juara umum Porprov kali ini.

Ia berterima kasih kepada Pemprov Sumsel atas kepercayaan ditunjuk menjadi tuan rumah.

"Kepada semua masyarakat terimakasih dan kepada semua tamu semoga dapat mengambil semua yang baik dari Kabupaten Lahat," kata Cik Ujang.