Kemenkumham Sumsel ziarah tabur bunga di TMPPalembang peringati HUT ke-78

id Kemenkumham, tabur bunga, silaturahmi ,Hut kemenkumham, hdkd

Kemenkumham Sumsel ziarah tabur bunga di TMPPalembang peringati HUT ke-78

Kegiatan ziarah dan tabur bunga (ANTARA/HO/Kemenkumham Ss/23)

Palembang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan melakukan ziarah dan tabur nunga di Taman Makan Pahlawan (TMP) Ksatria Ksetra Siguntang Palembang, Rabu.

Ziarah dan tabur bunga di makam pahlawan merupakan rangkaian kegiatan memperingati hari ulang tahun (HUT) Kementerian Hukum dan HAM ke-78 tahun, Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2023. 

Sebelum prosesi tabur bunga, upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga di Tugu Peringatan yang dipimpin Inspektur Upacara Kepala Divisi Pemasyarakatan Bambang Haryanto.

Kadivpas Bambang mengatakan, kegiatan ini adalah bentuk penghormatan dari para pegawai di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

"Kiranya semangat nasionalisme ini dapat kita jadikan motivasi baik dalam kedinasan maupun kehidupan sehari-hari," kata Bambang.

Bertindak selaku perwira upacara, Kepala Bapas Kelas I Palembang Sudirwan dan Komandan Upacara Kabid Perizinan dan Informasi Keimigrasian Junior Manerep Sigalingging.

Upacara tabur bunga berjalan dengan khidmat dan diikuti oleh seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis, pejabat dan jajaran pegawai, serta paguyuban ibu-Ibu pemasyarakatan dan Dharma Wanita Persatuan di lingkungan Kemenkumham Sumsel.

Sebelumnya,  jajaran Kemenkumham Sumsel juga melakukan silaturahmi dengan purnabakti pengayoman di Palembang, Selasa (8/8). 

Kegiatan silaturahmi itu dipimpin Kepala Divisi Administrasi Kemenkumham Sumsel Idris.

Menurut Idris kegiatan ini
adalah apresiasi dari Kemenkumham terhadap pengabdian dan jasa yang dilakukan oleh sesepuh purnabakti selama bertugas di bawah panji pengayoman.

Adapun sosok purnabakti yang dikunjungi tersebut adalah Erfan, mantan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bengkulu yang telah mengabdi selama 31 tahun dan memasuki masa purnabakti per 1 Maret 2023 lalu.

Beliau sempat melaksanakan tugas di Palembang pada tahun 2011 selaku Kepala Bagian Umum Kanwil Kemenkumham Sumsel.

Kepala Divisi Administrasi Kemenkumham Sumsel, Idris turut mengucapkan rasa bangganya karena dapat kembali bertemu dengan pegawai terdahulu yang telah memberikan kontribusi dan perubahan untuk Kementerian Hukum dan HAM selama puluhan tahun.

“Dalam perkembangan dan kemajuan yang dicapai Kanwil Kemenkumham Sumsel, tidak bisa dilepaskan dari jasa-jasa para purnabakti. Berkat dukungan, kritik yang membangun dan saran yang baik dari para sesepuh menjadi pendorong semangat para tunas pengayoman untuk mewujudkan Kemenkumham yang Semakin PASTI,” lanjutnya.

Pada kunjungan silaturahmi tersebut, purnabakti berbagi cerita dan pengalamannya selama masih aktif pada saat mengabdikan diri di Kementerian Hukum dan HAM.

Tidak lupa, nasihat serta wejangan juga turut diberikan oleh purnabakti pengayoman itu.

Ditambahkan Idris, kegiatan ini sebagai bentuk tali kasih Kantor Wilayah kepada pensiunan, yang nantinya diupayakan dapat terlaksana secara rutin setiap tahun.

“Selain merupakan rangkaian dari semarak Hari Lahir Kementerian Hukum dan HAM Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-78, kegiatan ini menjadi wasilah mempererat tali silaturahmi dan kekeluargaan antara pegawai aktif dengan para sesepuh Kemenkumham,” ujar Kepala Divisi Administrasi, Idris.

Turut hadir dalam silaturahmi tersebut, Kepala Subbagian Kepegawaian, Tata Usaha dan Rumah Tangga Bulan Mahardika Subekti yang secara simbolis memberikan cenderamata kepada purnabakti.