Kemenkumham Sumsel peringati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 gelar upacara tabur bunga di TMP

id Kemenkumham Sumsel, peringati Hari Bakti Pemasyarakatan, hbp, hbp ke-59, upacara, tabur bunga, tabur bunga di TMP, taman makam pahlawan

Kemenkumham Sumsel peringati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59  gelar upacara tabur bunga di TMP

Jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59  dengan menggelar upacara tabur bunga di TMP. (ANTARA/HO/Humas Kemenkumham Sumsel/2023)

Palembang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan menggelar upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Ksatria Ksetra Siguntang, Palembang. Kamis (6/4).

“Kami telah melaksanakan upacara tabur bunga, hal ini salah satu wujud implementasi, pesan Bung Karno yakni bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Sumsel Bambang Haryanto saat memimpin kegiatan tersebut.

Kegiatan ini diikuti Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Kota Palembang serta jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel.

Momentum Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 Tahun 2023 ini mengambil tema “Transformasi Pemasyarakatan Semakin PASTI BerAKHLAK, Indonesia Maju”.

Menurut Bambang, kegiatan upacara tabur bunga ini sendiri merupakan rangkaian peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 Tahun 2023 sebagai ungkapan, kesadaran dan kepedulian serta merupakan bentuk terima kasih yang sebesar-besarnya terhadap para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Apel ziarah diawali dengan penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta.

Kemudian diteruskan dengan peletakan karangan bunga di Tugu Monumen Taman Makam Pahlawan.

Dalam Upacara tersebut Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumsel, Bambang Haryanto yang bertindak sebagai Irup meletakkan karangan bunga sebagai bentuk penghormatan kepada arwah pahlawan yang dengan sepenuh jiwa raga rela berjuang hingga titik darah penghabisan. 

Setelah itu acara dilanjutkan dengan tabur bunga yang dilakukan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumsel, Bambang Haryanto beserta seluruh peserta upacara.

 “ZIarah ini dilakukan untuk menumbuhkan nilai kepahlawanan, cinta tanah air, dan pantang menyerah bagi para jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel dan insan pemasyarakatan pada umumnya,"  ujar Kadivpas   Bambang.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Lapas Kelas I Palembang Yuliuz Sahruzah, Kepala Kantor Imigrasi Palembang M. Ridwan, Kepala LPKA Palembang Hamdi Hasibuan, Kepala Lapas Perempuan Palembang Ike Rahmawati, Kepala Rubpasan Palembang Parulian Hutabarat, Kepala Rutan Palembang Bistok O Sitongkir, Kepala Bapas Palembang Sudirwan, dan Kepala Lapas Narkotika Kelas IIB Banyuasin Royhan Al Faisal, serta Persatuan Ibu-ibu Pemasyarakatan di Palembang.  (Ril)