Lemkapi: Polri beli pesawat untuk kebutuhan operasional

id pesawat polri,pesawat bekas,jet polisi, boeing 737,lemkapi,edi hasibuan,berita sumsel, berita palembang

Lemkapi: Polri beli pesawat untuk kebutuhan operasional

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan (kiri) memperlihatkan foto tampilan gambar pesawat milik Polri jenis Boeing 737-800NG dengan registrasi P-7301 dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (14/7/2023). ANTARA/Laily Rahmawaty/aa.

Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan mengatakan Polri membeli pesawat bekas karena dipakai untuk kebutuhan operasional dalam waktu dekat.

"Polri seharusnya sudah membeli pesawat terbang untuk angkut personel sejak dari dulu," kata Edi di Jakarta, Senin, menanggapi rencana Mabes Polri membeli satu unit pesawat bekas jet Boeing 737-800ER dari Irlandia.

Keputusan membeli pesawat bekas itu kemudian menimbulkan kritikan karena seharusnya Polri membeli pesawat baru.

"Ini bukan masalah baru atau bekas. Ini mempertimbangkan kebutuhan mendesak dan efisiensi anggaran Polri," katanya.

Dia mengatakan pembelian pesawat yang dilakukan pada 2023 itu sebenarnya agak terlambat karena seharusnya sejak beberapa tahun lalu dan bukan baru sekarang.

"Polri dengan jumlah 450 ribu orang seharusnya sudah sejak dulu memiliki pesawat tersebut mengingat TNI juga sudah memiliki pesawat sejenis," katanya.