Wali Kota Palembang resmikan air mancur Kambang Iwak dan Parameswara Jakabaring

id kambang iwak, peresmian, kota palembang, parameswara, sumsel

Wali Kota Palembang resmikan air mancur Kambang Iwak dan Parameswara Jakabaring

Wali Kota Palembang Harnojoyo, Jumat (16/6) malam meresmikan air mancur anjungan "Kambang Iwak" yang dilengkapi berbagai fasilitas ruang publik bagi warga kota itu. (ANTARA/HO/Fadli Alqodri

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Wali Kota Palembang Harnojoyo, Jumat (16/6) malam meresmikan air mancur anjungan "Kambang Iwak" yang dilengkapi berbagai fasilitas ruang publik bagi warga kota itu.

Pada kesempatan yang sama, diresmikan pula air mancur "Parameswara Jakabaring" yang proses revitalisasinya didukung dari Bantuan Gubernur Sumsel dan CSR Bank Sumsel Babel tahun 2022.

"Kepada semua pihak mari kita jaga tempat ini kebersihannya, kerapihannya, keindahannya, keamanannya sehingga masyarakat yang hadir di sini benar-benar merasakan kenyamanan" kata Harnojoyo.

Taman Kambang Iwak Kota Palembang sudah mendapatkan berbagai apresiasi antara lain ASEAN Environment Sustainable City tahun 2008 sebagai kota terbersih se-ASEAN kemudian mendapatkan penghargaan taman kota terbaik se-Indonesia dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Taman Kambang Iwak  telah mengangkat nama Kota Palembang, selain itu menjadi tempat kumpul-kumpul warga kota menikmati suasana rindang sambil berolahraga.

Peresmian air mancur yang cukup menarik dan menjadi ikon Kota Palembang itu juga bertepatan dengan HUT ke-1340 Kota Palembang. Kota Palembang merupakan salah satu  kota tertua di Indonesia  yang saat ini mengusung tagline  Palembang Emas Darussalam dan menjadi kota kebanggan Indonesia bahkan kebanggaan dunia

Sementara itu, Direktur Utama Bank Sumsel Babel Ahmad Samsudin mengatakan sebagai bank daerah di Provinsi Sumatera Selatan sejalan dengan visi Bank Sumsel Babel yaitu menjadi bank terkemuka dan terpercaya dengan kinerja unggul.

"Ke depannya program ini akan kita terus  laksanakan diarahkan secara berkelanjutan. Sebagai bagian kita membangun lingkungan kita," ujar Ahmad Samsudin

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertahanan (Perkimtan) Afan Prapanca Mahili mengatakan  penyerahan kembali hasil renovasi anjungan dan air mancur  Kambang Iwak dilakukan dengan CSR Bank Sumsel Babe dan n dana bantuan gubernur tahun 2022 .

"Dinas pPerkimtan dalam hal ini mengkonsepkan untuk menjaga dan memelihara dan juga meningkatkan kehandalan dari pada Taman Kambang Iwak. Kita  mencoba mengoperasikan lagi air mancur kemudian secara bertahap meningkatkan lagi fungsinya," ujar Afan Prapanca Mahili.