Gubernur Sumsel beri izin TMC tanggulangi karhutla

id karhutla, sumsel, tmc,berita sumsel, berita palembang

Gubernur Sumsel beri izin TMC tanggulangi  karhutla

Ilustrasi. Prajurit TNI memindahkan garam ke dalam pesawat Cassa C212 di Pangkalan TNI AU Sri Mulyono Herlambang di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (10/6/2021). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/21) (ANTARA FOTO/ Nova Wahyudi)

Palembang, Sumatera Selatan (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru memberi izin untuk mengoperasikan teknologi modifikasi cuaca (TMC) sebagai upaya menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun 2023 di provinsi setempat.

Menurut Herman Deru, di Palembang, Kamis, surat izin melakukan TMC diterbitkan pada Rabu (26/4) yang kemudian diteruskan ke setiap kepala daerah di 17 kabupaten dan kota setempat.

Hal tersebut dilakukan menyusul setelah sebelumnya, ia menerbitkan surat penetapan bahwa, Sumsel berstatus dalam keadaan siaga darurat bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan, pada Maret 2023.

TMC merupakan kegiatan modifikasi atau merekayasa cuaca untuk meningkatkan potensi turunnya hujan di antaranya dengan cara menyemai garam dalam jumlah besar ke awan potensial.