Bupati OKU bagikan ribuan paket bibit sayuran

id Bibit sayuran, gerakan Sumsel Mandiri Pangan, warga OKU, sayur mayur, Bupati OKU

Bupati OKU bagikan ribuan paket bibit sayuran

Pejabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah membagikan bibit sayuran kepada masyarakat untuk dibudidayakan di pekarangan rumah, Rabu (24/8/2022). (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Pejabat Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan Teddy Meilwansyah membagikan ribuan paket bibit sayur-mayur kepada masyarakat untuk dibudidayakan di pekarangan rumah masing-masing.

Pejabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah di Baturaja, Rabu, mengatakan pembagian bibit sayuran ini dalam upaya mendukung gerakan Sumsel Mandiri Pangan.

Di berbagai kesempatan, pihaknya membagikan paket bibit sayuran yang telah dimasukkan ke dalam kemasan tersebut kepada masyarakat di daerah itu.

“Di setiap acara dan kesempatan bibit ini kami bagikan kepada masyarakat OKU, apalagi kalau ada permintaan langsung kami berikan,” ujarnya.

Sedikitnya 3.000 paket bibit yang dibagikan kepada masyarakat lengkap dengan polybag yang berisi berbagai jenis sayuran, seperti cabai merah, bayam hijau, buncis putih, bawang merah, kacang panjang, dan tomat.

Bibit sayuran yang dibagikan ini dapat dibudidayakan oleh masyarakat di pekarangan rumah masing-masing sehingga hasil panen dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Penanaman bibit sayuran ini tidak perlu memiliki lahan yang luas untuk berkebun. Masyarakat bisa menanam bibit sayuran di dalam polybag di pekarangan rumah," kata dia.

Ke depan, pihaknya akan menambah jumlah bibit sayuran sebanyak 5.000 paket untuk didistribusikan ke seluruh masyarakat Kabupaten OKU.

"Melalui gerakan ini kami ingin mengubah mindset (pola pikir) masyarakat dari konsumen menjadi produsen yang menghasilkan kebutuhan pangan jenis sayuran secara mandiri," ujar dia.