Menumbuhkan sikap peduli lingkungan di SD IT Menara Fitrah melalui budidaya ikan dan sayuran

id Unsri, peduli lingkungan, di SD IT, budidaya ikan, sayuran

Menumbuhkan sikap peduli lingkungan di SD IT Menara Fitrah melalui budidaya ikan dan sayuran

Kegiatan pengabdian menumbuhkan sikap peduli lingkungan di SD IT Menara Fitrah Ogan Ilir melalui budidaya ikan dan sayuran. (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Penanaman pengetahuan, kemampuan dan sikap pada pendidikan dasar merupakan fondasi untuk membentuk kepribadian anak pada pembentukan kepribadian masyarakat di masa yang akan datang. 

Penanaman kepribadian tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk pendidikan perilaku peduli lingkungan.

Peduli lingkungan merupakan sikap dan tindakan untuk mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya serta berupaya untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan yang sudah ada. 

Sikap peduli lingkungan dilakukan melalui pembentukan karakter yang dimulai sejak usia dini yaitu mulai dari sekolah dasar. 

Pendidikan peduli lingkungan hidup diberikan melalui pendidikan formal di sekolah dasar bertujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran peserta didik tentang nilai-nilai lingkungan.

Sekolah sebagai sarana pembelajaran akan dapat memberi bekal secara efektif melalui ketrampilan yang dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari di luar waktu dan lingkungan sekolah. 

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan yaitu melalui budidaya ikan dan sayuran (akuaponik). 

Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Menara Fitrah Ogan Ilir yang terpilih yang dalam kegiatan peduli lingkungan. 

Menurut Retno Cahya Mukti, S.Pi., M.Si, yang merupakan Ketua Pelaksana menyatakan bahwa SD IT Menara Fitrah sudah menerapkan program peduli lingkungan dalam pembelajarannya. 

Selain itu, SD ini juga memiliki lahan yang belum termanfaatkan sehingga dapat digunakan untuk kegiatan buddiaya ikan dan sayuran (akuaponik).

Kegiatan ini merupakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Skema Pengabdian Berbasis Kemitraan yang mendapatkan pendanaan dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Nomor: 053/E5/PG.02.00.PM/2023  dengan judul: Pendidikan Peduli Lingkungan Melalui Budidaya Ikan Dan Sayuran (Akuaponik) Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Menara Fitrah, Ogan Ilir.

Kegiatan ini dilakukan oleh Tim Dosen Universitas Sriwijaya yang diketuai oleh Ibu Retno Cahya Mukti, S.Pi., M.Si. dengan anggota Ibu Dr. Meilinda, S.Pd, M.Pd dan Ibu Mirna Fitrani, S.Pi., M.Si., Ph.D. serta tim mahasiswa yang membantu dalam kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui praktik lapangan.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui beberapa tahap antara lain tahap koordinasi antara tim pengabdian yaitu dosen dan mahasiswa dengan Kepala SD IT Menara Fitrah, Waliyudin, S.Pd.I dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Hendra Stiawan, S.Pd. 

Selanjutnya, tahap sosialisasi dan pelatihan budidaya ikan dan sayuran (akuaponik) yang dihadiri oleh Wakil Direktur Sekolah Islam Terpadu Menara Fitrah yaitu Bapak Abdal Mun’im, M.Pd.I sekaligus membuka acara, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Hendra Stiawan, S.Pd. siswa kelas VI, guru Mata Pelajaran IPA serta tim dosen dan mahasiswa Program Studi Budidaya Perairan Unsri.

Tahap selanjutnya yaitu penyampaian materi yang disampaikan oleh Ibu Dr. Meilinda, S.Pd, M.Pd tentang penanaman sikap peduli lingkungan, Ibu Retno Cahya Mukti, S.Pi., M.Si. tentang budidaya ikan serta Ibu Mirna Fitrani, S.Pi., M.Si., Ph.D, tentang sistem budidaya sayuran (akuaponik). 

Setelah penyampaian materi, kemudian dilanjutkan dengan pelatihan berupa pelatihan tentang efek pencemaran lingkungan, penyemaian tanaman akuaponik dan pembuatan pakan ikan. 

Sebelum dan sesudah kegiatan, siswa diminta untuk mengisi kuisioner sebagai tolok ukur keberhasilan kegiatan.

Dalam kegiatan ini terlihat siswa dangat antusias mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir dengan banyaknya pertanyaan ketika penyampaian materi dan aktifnya dalam kegiatan pelatihan. 

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan diakhiri dengan pembersihan lokasi untuk kegiatan budiaya ikan dan lingkungan oleh siswa, guru dan tim pelaksana yaitu dosen dan mahasiswa Universitas Sriwijaya,

Kemudian dilakukan penyerahan bantuan berupa tiga unit kolam terpal bulat dengan diameter 3 m dan foto bersama. 

Tahapan selajutnya yaitu pendampingan dengan menempatkan mahasiswa untuk melakukan praktik lapang mengenai budidaya ikan dan sayuran (akuaponik) di SD IT Menara Fitrah selama 2-3 bulan.

Kegiatan ini akan melibatkan siswa kelas VI dalam pemeliharaan ikan dan sayuran (akuaponik) sebagai wujud dari sikap peduli lingkungan.