Polda Sumsel siagakan 700 personel amankan Fornas VI

id Fornas VI Sumsel, Polda Sumsel

Polda Sumsel siagakan 700 personel amankan Fornas VI

Rapat koordinasi lintas sektoral kesiapan pengamanan Fornas VI Sumsel di gedung utama Presisi Markas Polda Sumsel, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (23/6/2022) ANTARA/M Riezko Bima Elko P/22.

Sumatera Selatan (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Polda Sumsel) menyiagakan sebanyak 700 orang personel untuk menjaga keamanan selama pelaksanaan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI yang digelar pada 1-7 Juli 2022 di daerah ini.

Kepala Bidang Humas Polda Sumsel Kombes Pol. Supriadi di Palembang, Kamis mengatakan, ratusan personel kepolisian itu ditugaskan untuk menjaga keamanan terhadap sebanyak 11.818 peserta Fornas VI beserta segenap unsur kepanitiaan dan tamu undangan yang berasal dari 34 provinsi itu.

Pelaksanaan giat pengamanan itu dilangsungkan bekerjasama dengan personel TNI, Satpol PP mulai dari prakegiatan, pelaksanaan dan pascakegiatan di sebanyak 49 lokasi kegiatan Fornas VI yang masing-masing berlokasi di wilayah Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten Ogan Ilir.

"Sehingga selama kegiatan tersebut keamanan perlu lebih ditingkatkan. Mewujudkan Kamtibmas yang kondusif agar seluruh rangkaian giat ini dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses," kata dia, seusai rapat koordinasi lintas sektoral kesiapan pengamanan Fornas VI Sumsel di gedung utama Presisi Markas Polda Sumsel, Palembang.

Ia menjelaskan, dalam rapat koordinasi yang dipimpin Kapolda Irjen Pol. Toni Harmanto telah memetakan beberapa kondisi kerawanan yang perlu diantisipasi sebagai ancaman ringan hingga berat, untuk menjamin kelancaran event olahraga tahunan itu.

Di antaranya, terorisme, sabotase perkelahian antarwarga, pencurian, balapan liar, penyimpangan atau penimbunan bahan bakar minyak bersubsidi, bencana alam dan nonalam, penyalahgunaan narkoba peredaran minuman keras dan kecelakaan lalu lintas.

"Dalam hal ini yang dikedepankan personel tindakan persuasif, tegas dan humanis dalam mengantisipasi kerawanan. Selain dalam tempat kegiatan juga dilangsungkan penyiagaan di pusat keramaian, mall, tempat parkir, lalu lintas, hotel/penginapan," tandasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jendral Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Sumsel Eko mengatakan, ada sebanyak 55 induk organisasi olahraga (Inorga) dan 10 olahraga eksibisi pada ajang Fornas VI tersebut.

Dari jumlah induk olahraga yang bakal dipertandingkan di antaranya Indonesia e-Sport Association (IESPA), Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi), Senam Tera Indonesia (STI), Indonesia Offroad Federation (IOF), Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina), Perkumpulan Sepakbola Gaya Bebas Indonesia (IF3), dan Perkumpulan Pelayang Indonesia (Pelangi).

Selanjutnya, olahraga eksibisi di antaranya Pengurus Pencak Silat Nasional Perisai Putih (PSNPP), Perguruan Olahraga Tenaga Dalam Cakra Mukti (PORTEDA), Federasi Orientering Indonesia (FONI), Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia, skateboard, dan sepeda BMX.

Ia menyebutkan, semua persiapan yang dilakukan panitia pelaksana berjalan lancar hingga progresnya sudah mencapai 90 persen. Mulai dari acara pembukaan, pertandingan dan perlombaan dan penutupan acara termasuk kesiapan penunjang lain seperti transportasi kontingen dan penginapan.

“Venue untuk Inorga dan eksibisi itu sudah disiapkan, Kita tinggal menunggu pelaksanaannya saja,” kata dia.

Di mana venue Fornas VI tersebut diantaranya, Jakabaring Sport City, Stadion Bumi Sriwijaya, Stadion Kamboja, Lapangan Hatta, Universitas Sriwijaya Palembang, Skatepark Jakabaring, Landasan Udara SMH, Tanjung Senai Ogan Ilir dan termasuk sejumlah mal di Palembang dan Banyuasin.